example banner
11819 KALI DIBACA

Pencuri Ban Mobil di Jalintim Sumatera Ditembak

Pencuri Ban Mobil di Jalintim Sumatera Ditembak
example banner

Palembang I Realitas – Aji Saputra, spesialis pencurian ban mobil di jalan lintas timur (jalintim) Sumatera di Sumatera Selatan (Sumsel), ditangkap. Bahkan, Aji dan komplotannya pun pernah menggasak ban mobil yang parkir di kantor polisi.

Kasubdit Jatanras Polda Sumsel, Kompol Suryadi, menyebut Aji ditangkap Senin (20/1) di Jalan Makrayu, Ilor Barat I Kota Palembang. Dari pelaku diamankan 2 ban serep hasil curian.

“Pelaku ditangkap Unit 3 dipimpin Kompol Junaidi, Senin 20 Januari lalu di Ilir Barat I. Aji adalah satu dari tiga pelaku spesialis pencurian ban mobil yang sudah membuat resah sopir lintas,” terang Suryadi kepada wartawan, Rabu (22/1/2020).

Dikatakan Suryadi, ban-ban hasil curian itu dicuri saat mobil terparkir di rumah makan dan pinggir jalan. Satu buah ban hasil dari curian dijual bervariasi antara Rp 1,5-3 juta tergantung kondisi ban.

“Kalau ban dalam keadaan bagus dan ada velgnya itu mahal, bisa sampai Rp 3 juta. Aksi ini sudah dilakukan sejak lama, para pelaku beraksi bisa mendapatkan 3 atau 4 ban dalam semalam,” katanya.

Sebelum beraksi, para pelaku bahkan ada yang sengaja menyewa mobil minibus dan pikap. Ban mobil hasil curian selanjutnya diangkut untuk dijual cepat.

Tidak hanya itu saja, Aji mengaku pernah mencuri ban serep di Pos Laka di wilayah Palembang. Dalam aksinya mereka turut membawa senjata api rakitan.

“Ada satu pucuk senjata api rakitan juga ya kita amanakan. Ini digunakan para pelaku untuk mengancam korban kalau kepergok, dan itu pernah mereka tembakkan,” imbuh Suryadi.

Selain menangkap Aji, polisi kini masih memburu dua pelaku lain yang terlibat dalam aksi tersebut. Bahkan identitas kedua pelaku sudah diketahui polisi

“Saya minta dua pelaku lain menyerahkan diri. Mereka ini selaku beraksinya di Jalan Soekarno Hatta Kota Palembang-Betung, Banyuasin,” kata Suryadi.

Khusus untuk Aji, terpaksa ditembak kaki kanannya karena melawan saat ditangkap. Kepada polisi Aji mengaku aksi pencurian itu sudah lebih dari 30 kali sejak 2019 lalu.(Dtc/Red)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS