51719 KALI DIBACA

232 Mahasiswa Unsam Langsa KKN Di Aceh Utara

232 Mahasiswa Unsam Langsa KKN Di Aceh Utara
example banner

Lhoksukon I Realitas – 232 Mahasiswa Universitas Samudra (Unsam) Langsa melaksanakan Praktik Kuliah Kerja Nyata (KKN) di 24 gampong di wilayah Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh.

Mahasiswa peserta KKN periode I tahun 2020 tersebut ditempatkan di 10 gampong dalam Kecamatan Tanah Jambo Aye, masing-masing di Gampong Meunasah Pantonlabu, Tanjong Ceungai, Teupin Bayu, Teupin Gajah, Tanjong Meunye, Tanjong Dalam Utara, Lhok Beuringen, Tanjong Ara, Cempeudak dan Rawang Itek.

Kecamatan Baktiya mencakup delapan gampong, masing-masing Gampong Alue Bili Geulumpang, Alue Bili Rayeuk, Lhok Seutuy, Alue Jamok, Ceumpeudak, Alue Rambong, Maunasah Alue Ie Puteh, dan Matang Kumbang.

Kecamatan Baktiya Barat meliputi enam gampong, masing-masing Gampong Meunasah Pante, Sampoiniet, Blang Seunong, Matang Teungoh, Blang Rheue, dan Paya Bateung.

Dalam prosesi penempatan dan serah terima peserta KKN tersebut dilaksanakan di lapangan upacara Lhoksukon, Rabu, (8/1/2020), yang dihadiri oleh Sekdakab Aceh Utara Abdul Aziz SH MM MH, Wakil Rektor Bidang Akademik Unsam Langsa Dr Saiman MPd dan sejumlah pejabat dan sejumlah superviser untuk mendampigi Mahasiwa di Lapangan.

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Aceh Utara Abdul Aziz dalam arahannya mengajak kepada peserta KKN untuk membangun komunikasi yang baik dengan semua stakeholder di gampong dan dengan jajaran Muspika, sehingga semua kegiatan dan program yang dijalankan oleh peserta KKN menjadi lancar dan bermanfaat bagi masyarakat.

Mungkin nanti akan ditemukan perbedaan cara berpikir antara adik-adik peserta KKN dengan masyarakat setempat, tapi hal itu jangan dijadikan halangan dalam pelaksanaan KKN, ujar Abdul Aziz.

Sekda Aceh Utara Abdul Aziz yakin para peserta KKN akan mampu beradaptasi dengan masyarakat gampong di Aceh Utara.

Jika akan dilaksanakan sesuatu kegiatan, maka koordinasikan dengan semua pihak terkait, ikuti apa yang dimaui oleh masyarakat selama hal itu masih sejalan dengan ide, gagasan dan program yang telah diarahkan dalam kegiatan KKN ini,” ujar Abdul Aziz.

Abdul Aziz menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada civitas akademika Unsam Langsa yang telah memilih wilayah Aceh Utara sebagai lokasi pelaksanaan KKN.

Sekda mengharapkan kepada para Geuchik dan camat untuk bisa membantu para mahasiswa peserta KKN di gampong-gampong, sehingga kegiatan itu dapat memberikan manfaat dan daya guna bagi masyarakat setempat.

Seusai prosesi serah terima, para peserta KKN itu langsung dijemput oleh masing-masing pimpinan dari tiga kecamatan, yaitu Camat Tanah Jambo Aye Hanifzha Putra SSTP MAP, Camat Baktiya Tarmizi SE dan Sekretaris Kecamatan Baktiya Barat Rizky Rasmana Hanafiah SIP MSi. Pelaksanaan KKN tersebut akan berlangsung selama 30 hari, terhitung mulai tanggal 8 Januari hingga 7 Februari 2020.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unsam Langsa Dr Saiman MPd dalam sambutannya mengatakan peserta KKN periode I tahun 2020 ini berasal dari semua program studi yang ada di Unsam, yakni dari Fakultas Pertanian, Hukum, Ekonomi, FKIP dan Teknik.

Sebelumnya, pihaknya telah melakukan survei lapangan ke wilayah Aceh Utara, sehingga merasa cukup termotivasi untuk menempatkan mahasiswa KKN di daerah ini.

Dirinya yakin, kata saiman, para mahasiswa peserta KKN juga cukup bersemangat mengikuti kegiatan KKN di wilayah Aceh Utara, apalagi di tengah-tengah masyarakat yang sedikit banyaknya memiliki karakter berbeda dengan masyarakat Langsa.

Berbaktilah kepada masyarakat, karena mahasiswa calon sarjana haruslah dididik di tengah masyarakat sebelum nantinya mengambil ijazah sarjana. Kami harapkan kalian nantinya menjadi mahasiswa yang mandiri, ujar Saiman.

Pada kesempatan itu Saiman juga mewanti-wanti peserta KKN untuk cerdas beradaptasi dengan masyarakat setempat.

Sebagai pendatang yang masuk ke tengah-tengah masyarakat hendaklah mampu membawa diri, menyesuaikan diri dengan masyarakat gampong.

Jaga almamater dan nama baik Unsam,” pungkas Saiman.

Mahasiwa yang sedang dalam proses KKN tidak boleh meninggalkan lokasi KKN sebelum dijemput oleh pihak Rektor Unsam Langsa, tutup, Saiman. (H A Muthallib)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS