Wakil Ketua DPR Jadi Penjamin Penangguhan Penahanan Demonstran Luthfi Alfiandi

oleh -20.489 views

IDUL FITRI

JAKARTA I Realitas – Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menjadi penjamin untuk penangguhan penahanan Luthfi Alfiandi, demonstran yang membawa bendera Merah Putih. Selain itu, anggota Komisi III DPR Habiburokhman dan Didik Mukrianto juga ikut menjadi penjamin untuk penangguhan penahanan Luthfi Alfiandi.

Kuasa hukum Luthfi Alfiandi, Andreas mengatakan jaminan tersebut diberikan dengan pernyataan tertulis yang ditandatangani di atas materai. Dalam surat itu menyebutkan Luthfi Alfiandi tidak akan melarikan diri, mempersulit pemeriksaan, mengulang perbuatan, menghilangkan barang bukti dan akan mengikuti seluruh proses hukum sesuai aturan yang berlaku.

Surat permohonan penangguhan penahanan disampaikan langsung kepada Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus). “Kami berharap apa yang kami ajukan dapat dikabulkan,” ujar Andreas di PN Jakpus, Kamis (12/12/2019).

Saat itu majelis hakim belum memutuskan untuk mengabulkan atau menolak permohonan tersebut. Majelis hakim membutuhkan waktu untuk membahas secara internal.

“Kami akan pertimbangkan dan musyawarahkan terlebih dahulu, akan disampaikan di persidangan berikutnya,” kata Ketua Majelis Hakim, Bintang AI.(IN/Red)