21219 KALI DIBACA

Masyarakat Miskin Wajib Mendapatkan Dana Desa Langsung

Masyarakat Miskin Wajib Mendapatkan Dana Desa Langsung
Sekda Provinsi Aceh, Dr Taqwallah MKes didampingi oleh Koordinator P3MD-PID Prov Aceh, Drs Zulfahmi Hasan serta para Pendamping Desa, saat berpose dalam Kunlap di Aula Cakra Donya Langsa, Kamis (5/122019) sore.
example banner

Langsa I Realitas – Masyarakat Miskin Wajib Mendapatkan Dana Desa Langsung, Diharapkan Dana Desa (DD) yang digelontorkan oleh Pemerintah agar dapat mengentaskan masyarakat miskin yang ada di Aceh serta wajib disasar.

Demikian penegasan Sekda Provinsi Aceh, Dr Taqwallah MKes, saat memberi motivasi dan kunjungan lapangan evaluasi DD tahun 2019 yang dipusatkan di Aula Cakra Donya Langsa, Kamis (5/122019).

Dihadapan 66 Geuchik, Tuha Peut Gampong, Direktur BUMG, Camat dan para Pendamping Desa, Taqwallah, menekankan bahwa agar Dana Desa dirasakan langsung oleh masyarakat miskin, sehingga dana desa mampu angka kemiskinan dan meningkatkan ekonomi di desa dan mensejahterakan warga Desa.

Hal senada juga diutarakan oleh Koordinator P3MD-PID Prov Aceh, Drs Zulfahmi Hasan, mengatakan bahwa dalam kunlap 23 Kab/Kota dari tanggal (5 -18) Desember 2019 dengan mengerahkan 2.661 Pendamping.

“Kita sangat mengapresiasi dan patuh berterimakasih banyak kepada Sekda Aceh yang begitu peduli terhadap pemanfaat dana desa,” ucap Zulfahmi.

Selanjutnya, harapan dari Sekda pada tahun 2019 tidak terjadi silpa dana desa pada Gampong dan di awal Januari 2020 bisa dicairkan dana desa.

Seyogianya dapat menekan dan mengejar pihak Pemkab dan Pemko segera menyiapkan Pergub dan Perwal DD segera diterbitkan, kepada Kepala Desa pada akhir 2019 bisa menyelesaikan APBDes nya sehingga bisa diselesaikan sebagai syarat pencairan untuk tahan I dan II sebesar 60 persen.

Kepada para pendamping Desa mulai mulai tingkat Provinsi hingga Desa agar sungguh-sungguh membantu desa baik dalam proses perencanaan hingga pertanggungjawaban serta Pendamping Desa juga harus mampu memberi solusi-solusi untuk merubah wajah desa, dengan berbagai kegiatan yang inovatif.

“meskipun Pendamping Desa memang gajinya masih kecil namun tugas Pendamping tugas yang mulia dan sudah mendapatkan tiket kunci surga,” pungkas Zulfahmi. (Crp/Yudi)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS