Kepala Sekolah SMP 3 N Muntiara Pidie,Salah Satu Kepala Sekolah Yang Amanah Dan Berwawasan Luas

oleh -582.579 views

Pidie l Realitas – Kepala Sekolah SMP 3 N Muntiara Pidie, Salah Satu Kepala Sekolah Yang Amanah Dan Berwawasan Luas, Selasa 10 Desember 2019 Syahfawi, S.Pd,M.Si Kepala SMP 3 Negeri Muntiara Blang Malu Pidie saat ditemui Wartawan Realitas diruang kerjanya menyebutkan SMP 3 Muntiara selama Saya menjabat Kepala Sekolah, terus melakukan berbagai terobosan Dan berupaya berupaya meningkatkan mutu pendidikan.

Baik itu mutu siswa siswi, guru, serta Meningkatkan pogram sekolah Adiwiyata,gren skull,langkah pertama saya melakukan peningkatan dan perombahkan dibidang manajerial sekolah SMP 3 N Muntiara Pidie.

Dimana manajemen sekolah itu, perlu Dan sangat panting untuk kita benahi,oleh Karena itu, dalam peningkatan manajemen sekolah dan saya selaku Kepala Sekolah serta fungsi sebagai manajerial dan superpisi.

Yang kedua melakukan pembinaan terhadap tenaga tenaga pendidik, yaitu guru, Tu,serta langkah ketiga saya membenahi lingkungan sekolah, dimana sekolah sekolah yang paling pentingi,bagaimanan Siswa siswi lebih nyaman disekolah.

Kemudian kita meremaja pohon pohon yang sudah tua tua,dengan sedikit sekali dananya dan sangat terbatas.Juga kita melakukan penghijauan kembali, menanam pohon pohon yang lebih baik dan bermanfaat.

Sehingga sekolah 3.Muntiara ini betul betul berwawasan lingkungan,serta ramah lingkungan,bersih.Dimana sekolah kami juga Meningkatkan kapabilitas sebagai sekolah Adiwiyata dengan Motto Sekolah “BERHIAS’, bersinergi, hijau, asri dan sehat.

Sekolah kami juga punya misi yang sudah diciptakan oleh Kepala Sekolah yang lama.Serta kami melanjutkan pogram pogram Kepala sekolah yang lama.Kemudian sekolah kita tahun ini, Akreditasi oleh Ban SMP dengan nilai 85 dengan katagori B.

Adiwiyata adalah upaya membangun program atau wadah yang baik dan ideal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk Cita-cita pembangunan berkelanjutan.Adiwiyata merupakan nama program pendidikan lingkungan hidup.

Sudah Mendapatkan Juara 2 O2SN, Kabupaten Pidie. Atas Siswa Terizal Azmi Juara Dua Kempo Tk Provinsi, Atas Nama Pidie, Juara 2 Cerdas Cermat Evaluasi Pendidikan Karakter Berbasis Islami

BACA JUGA :   Penjelasan Astronom Terkait Gerhana Matahari Menjelang Lebaran

DI PCC PIDIE DAN MEMPUNYAI Motto : BERHIAS Bersih Hijau Asri Dan Sehat DENGAN VISI SEKOLAH : Sejalan dengan Visi Pemerintah Kabupaten Pidie dan Dinas Pendidikan tersebut, maka Visi SMP Negeri 3 Mutiara adalah“Berprestasi dalam bidang Akademik dan Non Akademik melalui IPTEK dan IMTAQ serta bernilai Islami dan berwawasan Lingkungan”, Misi.

Untuk mencapai VISI tersebut, SMP Negeri 3 Mutiara mengembangkan misi sebagai berikut:1. Melaksanakan pengembangan fasilitas sekolah yang relevan, mutakhir dan berwawasan Lingkungan
2. Mewujudkan pendidikan yang adil dan merata di lingkungan sekolah
3. Mewujudkan pendidikan yang bermutu menghasilkan prestasi akademik dan non akdemik serta berdaya saing tinggi. 

4. Mewujudkan semangat kreatifitas warga sekolah dalam berkarya
5. Mewujudkan inovasi dalam pembelajaran dikelas
6. Mewujudkan sikap, budi pekerti yang luhur, didasari Iman dan taqwa.
7. Mewujudkan pencapaian kompetensi siswa yang mampu bersaing dalam era global
8. Mewujudkan sistem manajemen yang partisipatif, transparan dan akuntabel antara pihak- pihak terkait
9. Menanamkan cinta kebersihan dan keindahan kepada semua komponen sekolah.
10. Mengembangkan pembelajaran pendidikan lingkungan hidup dan menerapkan perilaku peduli lingkungan di sekolah dan di sekitar sekolah.

A. Strategi
1. Menjalin kerja sama dengan Instansi Terkait dalam Pemerintahan Daerah Kab.Pidie, Komite Sekolah dan masyarakat.

2. Pemberdayaan sumber daya sekolah, masyarakat dan lingkungan, Komite sekolah/stake holder lainnya
3. Peningkatan kinerja melalui pelatihan, seminar, MGMP dan studi banding.
4. Membuat standar kinerja guru sesuai dengan aturan yang berlaku
5. Menjalin kerja sama dengan organisasi keagamaan dan pemberdayaan siswa dalam kegiatan keagamaan
6. Pemberdayaan potensi sumber dan lingkungan sekolah untuk pencapaian kompetensi siswa yang memliki daya saing secara nasional / regional
7. Pemberdayaan sumber daya manusia dalam penerapan manajemen berbasis sekolah (MBS).
8. Membangun kerja sama dengan guru, warga sekolah untuk menciptakan sekolah yang Berhias, Bersih, Hijau, Asri dan Sehat
9. Sekolah mampu mengembangkan prestasi non akademik siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler
10. Sekolah mampu mengembangkan kompetensi kepala sekolah, guru dan karyawan sekolah, sesuai dengan tugas dan keahliannya.

BACA JUGA :   Setelah Dilaporkan Oleh YARA Langsa: Palsukan Dokumen Nasabah, Oknum Pegawai BSI Ditangkap Polres Aceh Timur

SMP Blang Malu: Sekolah adiwiyata adalah Sekolah yan peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah.

Dengan adanya program adiwiyata diharapkan seluruh masyarakat di sekitar sekolah agar dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh kita. ADIWIYATA berasal dari 2 kata sansekerta yaitu ADI dan WIYATA.

Adi sendiri mempunyai arti yaitubesar, agung, baik, ideal atau sempurna. Sedangkan Wiyata mempunyai arti tempat dimana seseorang mendapatkan ilmu pengetahuan, norma dan etika.

ADIWIYATA artinya tempat yang besar, agung, baik dan indah yang dimana tempat itu digunakan oleh seseorang untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, norma, dan etika.

Tujuan Adiwiyata dan Tujuan Umum Membentuk sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang.

Tujuan Khusus,Mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan melalui tata kelola sekolah yang baik untuk untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

SMP 3 N Muntiara Blang Malu Pidie TAHUN 2016 PERNAH MENDAPATKAN JUARA ADIWIYATA TK PROVINSI SEBAGAI JUARA HARAPAN 1

Untuk proses pembelajaran,siswa kami harus mengusai pogram Aiti belajar mengunakan internet.Kemudian guru guru kita fasilitasi untuk bisa berlajar diruang tertutup.

Sehingga proses belajar mengajar itu,terarah,terbimbing sesuai dengan Harapan kita semuanya. (Zoni Jamil/Yudi)