6419 KALI DIBACA

Kapolda Minta 3 Pembunuh Aktivis Di Labuhanbatu Serahkan Diri

Kapolda Minta 3 Pembunuh Aktivis Di Labuhanbatu Serahkan Diri
Foto: Kapolda Sumatera Utara, Irjen Agus Andrianto aktivis di Labuhanbatu serahkan diri Datuk
example banner

Medan I Realitas – Kapolda Minta 3 Pembunuh Aktivis Di Labuhanbatu Serahkan Diri, Kapolda Sumatera Utara, Irjen Agus Andrianto meminta kepada tiga pelaku pembunuhan eks caleg NasDem Maraden Sianipar dan simpatisannya bernama Martua P Siregar alias Sanjay yang masih buron agar menyerahkan diri. Jika tidak, petugas yang sudah mengantongi identitasnya akan menindak tegas.

“Kita minta kepada ketiga tersangka yang sudah masuk daftar pencarian orang (DPO) ini agar segera menyerahkan diri. Kita kasih tempo satu minggu. Jika tidak, kita sudah mengantongi identitasnya terus memburu.

Kalau melawan, akan ditindak tegas,” kata Kapolda Sumut, Irjen Agus Andrianto kepada wartawan dalam jumpa pers di Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Jumat (8/11/2019).

Agus menuturkan ketiga tersangka yang buron itu yakni JS, RK dan HS. Mereka ikut dalam aksi pembunuhan terhadap para korban.

Selain mereka, petugas juga sudah menangkap lima tersangka lainnya dengan peranan yang berbeda. Mulai dari penyedia uang, eksekutor dan pembuang jasad korban ke parit.

Dirkrimum Polda Sumut Kombes Andi Rian Djajadi menjelaskan kasus ini dilatarbelakangi konflik lahan perkebunan sawit.

Konflik lahan sawit itu terjadi antara pihak kebun sawit KSU Amelia dan kelompok masyarakat yang dikoordinir oleh korban.Pada 2005, KSU Amelia ini memiliki lahan sawit di kawasan tempat kejadian perkara (TKP). Karena masuk kawasan hutan, maka pada tahun 2018 sudah dieksekusi oleh pihak kehutanan.

“KSU ini pada 2005 ada lahan sawit. Namun, karena masuk kawasan hutan pada 2018 dieksekusi oleh pihak kehutanan.

Jadi, karena ada tanaman di dalamnya mereka jaga. Kemudian, ada kelompok masyarakat yang dikoordinir korban melakukan penanaman sekaligus pemanenan. Karena terganggu, inilah yang menjadi awal pembunuhan,” jelas Andi Rian. (Dtc/Red)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS