17419 KALI DIBACA

Hari Jadi Zeni, Momentum Untuk Tingkatkan Profesionalisme

Hari Jadi Zeni, Momentum Untuk Tingkatkan Profesionalisme
example banner

Manokwari  I Realitas – Hari Jadi Zeni, Momentum Untuk Tingkatkan Profesionalisme, Peringatan Hari Jadi Korps Zeni TNI Angkatan Darat, yakni Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Zeni di Tahun 2019 ini, menjadi momentum bagi warga Zeni Kodam (Zidam) XVIII/Kasuari untuk terus meningkatkan profesionalismenya demi terwujudnya kesejahteraan rakyat.

Demikian dikatakan Kepala Zidam (Kazidam) XVIII/Kasuari, Kolonel Czi I Made Sutia dihadapan para warga Zidam XVIII/Kasuari, pejabat militer di lingkungan Kodam XVIII/Kasuari, purnawirawan Prajurit Korps Zeni dan tamu undangan, pada acara peringatan HUT ke-74 Zeni Angkatan Darat, yang digelar oleh warga Zidam XVIII/Kasuari, Selasa (15/10/19) di lapangan Voli Zidam, Arfai 1 Kodam XVIII/Kasuari, Manokwari, Papua Barat.

“Hal itu selaras dengan tema HUT tahun ini, yaitu Profesionalitas Prajurit Zeni, Kebanggaan TNI AD. Untuk itu kepada para Prajurit Zidam XVIII/Kasuari, mantapkan disiplin, loyalitas, dan kehormatan Prajurit Zeni untuk mendukung tugas pokok TNI AD,” ujar I Made Sutia.

Sebelumnya, di awal acara peringatan Hari Jadi Zeni Angkatan Darat tersebut, ia membacakan sambutan dari Direktur Zeni Angkatan Darat (Dirziad) Brigjen TNI M. Munib, S.I.P. pada Peringatan HUT Ke-74 Zeni Angkatan Darat.

“Tantangan era revolusi digital saat ini, menuntut Zeni AD untuk dapat mengantisipasi secara cepat dan tepat dalam menghadapi perkembangan global yang terjadi,” kata Dirziad dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kazidam XVIII/Kasuari.

Lebih lanjut dikatakan Dirziad, sampai dengan saat ini, TNI AD memiliki tren dan citra positif di mata masyarakat, karena TNI AD selalu sigap dalam membantu masyarakat di berbagai wilayah Indonesia, diantaranya pembangunan jalan pararel perbatasan di Kalimantan, pembangunan jembatan dan jalan Trans Wamena dan Mumugu di Papua, penanggulangan dan rehabilitasi akibat bencana alam di beberapa wilayah Indonesia, pembangunan hunian tetap pasca bencana di Lombok, serta membantu mengurangi dampak kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan.

“Selain itu, peran Zeni AD juga dapat dilihat dalam Kancah Dunia Internasional di bawah naungan Bendera PBB, melalui misi perdamaian Dunia di Republik Demokratik Kongo dan Republik Afrika,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, menambahkan apa yang sudah disampaikan Dirziad Brigjen TNI M. Munib, S.I.P. dalam sambutan tertulisnya, Kazidam XVIII/Kasuari mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan semua pihak, atas segala perhatian dan kepedulian untuk kemajuan dan kejayaan Korps Zeni AD, khususnya Zidam XVIII/Kasuari.

Tidak lupa, ucapan yang sama juga ia tujukan kepada para sesepuh dan warga Zeni dimana pun berada. Zidam XVIII/Kasuari membuka pintu yang selebar-lebarnya untuk terus mempererat tali silaturahmi, sehingga tetap terjalin ikatan kekeluargaan yang kuat dan kokoh.

“Kami masih sangat memerlukan saran dan masukan serta doa restu dari para sesepuh dan purnawirawan Zeni untuk kemajuan Korps Zeni yang sangat kita cintai ini,” katanya.

Dalam rangkaian kegiatan Peringatan HUT ke-74 Zeni Angkatan Darat tahun 2019 ini, Zidam XVIII/Kasuari telah menggelar berbagai kegiatan, diantaranya anjangsana dan pemberian tali asih ke para Pensiunan TNI dan PNS Detasemen Zeni Bangunan (Denzibang), Ziarah Nasional ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Trikora Manokwari, dan Pertandingan Voli yang diikuti oleh 18 Tim Voli, baik dari lingkungan Satuan jajaran Kodam XVIII/Kasuari maupun tim dari luar seperti dari Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat, Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Bank BNI, Dinas Pertanian, SMAN 1 Manokwari, Nexmese, tim dari warga SP. 3 dan SP. 4.

Pertandingan voli ini digelar dari 30 September hingga 14 Oktober 2019. Hasilnya, tim voli yang keluar sebagai pemenang dalam Lomba Bola Voli Kazidam Cup tersebut adalah Juara I Tim Voli Kodam XVIII/Kasuari dan berhak membawa pulang hadiah berupa uang pembinaan sebesar 7 juta rupiah. Juara II Tim Voli dari Dinas Pendidikan (5 juta rupiah), dan Juara III Tim Gajah Mada 1 Pomdam XVIII/Kasuari (3 juta rupiah) dan Juara Harapan Tim Voli Zidam XVIII/Kasuari (1 juta rupiah). (Yudi)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS