12619 KALI DIBACA

Usai Makan Siang pakai Ikan Tongkol, 54 Pelajar di Simalungun Keracunan Makanan

Usai Makan Siang pakai Ikan Tongkol, 54 Pelajar di Simalungun Keracunan Makanan
example banner

SIMALUNGUN I Realitas РSebanyak 54 pelajar SMP dan SMA dari sekolah swasta yang berada di Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut) diduga mengalami keracunan makanan. Mereka kini harus mendapat perawatan di RSUD Tuan Rondahaim.

Para siswa yang tinggal di asrama ini diduga mengalami keracunan makan siang usai menyantap ikan tongkol yang disediakan pihak asrama, Selasa (17/9/2019). Mereka mengeluh pusing dan mual tak lama usai makan siang.

“Diduga dari ikan tongkol yang dimasak dalam keadaan tidak segar lagi, sehingga mengandung racun histamine,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun, Edwin Toni Simanjuntak, saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (18/9/2019).

Menurutnya, ikan mati yang tidak segera diolah akan muncul racun histamine. Namun untuk penyebab pastinya masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium kesehatan di Kota Medan.

“Sampel ikannya sudah kami kirim ke sana untuk mengetahui penyebab pastinya,” ujar dia.

emudian pascainsiden itu, pihak asrama langsung membawa para siswa ini ke rumah sakit. Usai mendapat penanganan medis, 38 orang diperbolehkan pulang, sedangkan 16 lainnya masih perlu menjalani perawatan.

Seorang pelajar, Endarlina mengaku, kondisinya sudah mulai membaik. Dia mengatakan, dia bersama teman-temannya mendadak pusing dan mulai usai makan siang dengan lauk ikan tongkol.

“Selesai makan, kami langsung mulai merasakan pusing dan mual. Ada juga teman saya yang merasa gatal dan merah mukanya usai makan siang,” kata Endarlina.

Sementara itu, orang tua dari siswa yang mengalami keracunan makanan mengatakan, pihaknya mendapat kabar terkait berita keracunan makanan dari pihak pengelola asrama. Namun penyebabnya belum diketahui.

“Kita tunggu laporan dari pihak asrama saja,” kata Sarmalina Purba.(IN/Red)

 

 

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS