11619 KALI DIBACA

Petani Cinta Raja Terancam Gagal Panen karena Pintu Irigasi Bocor

Petani Cinta Raja Terancam Gagal Panen karena Pintu Irigasi Bocor
example banner

 Langsa I Realitas – Akibat pintu air saluran irigasi yang memisahkan dengan air asin telah bocor, berakibat air asin masuk dalam areal persawahan. Hal itu membuat petani sawah di Gampong Cinta Raja Kecamatan Langsa Tumur, terancam panen gagal, Rabu (14/8).

Salah seorang petani sawah Gampong Cinta Raja, Salamah, (51) menuturkan, kondisi ini sudah lama berlangsung. Setiap pasang purnama, air asin masuk dalam saluran irigasi lewat pintu yang bocor dan merendam beberapa areal persawahan yang berada dalam jangkuaannya.

“Hampir setiap tahun, sawah yang dekat dengan pintu air perbatasan air asin dan air tawar selalu gagal panen, kecuali kalau musim hujan membuat air payau. Kondisi ini sudah lama terjadi, tapi sampai saat itu pintu air yang bocor itu belum juga diperbaiki, sehingga tahun ini sawah-sawah yang dekat pintu air dapat dipastikan gagal panen,” sebutnya.

Dijelaskan, bahwa bila air asin dalam jumlah besar bercampur dengan air irigasi dan menggenangi sawah, maka dipastikan padi-padi dalam sawah akan layu dan sulit berkembang. Bahkan bila kondisi ini terus berlanjut, maka padi-padi tersebut akan mati total.

Bahkan, tambahnya, bila genangan air asin masuk areal persawahan saat padi mulai berbuah, juga akan membuat batangan padi gersang dan tidak berbuah.

“Karenanya, kami sangat berharap kepada pemerintah untuk segera memperbaiki pintu air tersebut, agar kami petani sawah disini tidak gagal panen,” harap Salamah.

Sementara itu, Kabid Pengairan Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Langsa, M Gunawan Ilyas mengatakan, bahwa pihaknya sudah menerima laporan dari pihak gampong atas rusaknya pintu air tersebut.

“Kita sudah terima laporan  dari pihak gampong dan atas pihak laporan itu kita segera melakukan survei ke lapangan untuk ditindaklanjuti. Selanjutnya akan diusulkan untuk perbaikan pada tahun anggaran 2020,” ujarnya.(PNG/Red)

 

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS