36019 KALI DIBACA

Dosen Unsam Lakukan Pengabdian Masyarakat Di Desa Cot Muda Itam Peureulak

Dosen Unsam Lakukan Pengabdian Masyarakat Di Desa Cot Muda Itam Peureulak
example banner

Aceh Tamiang I Realitas –  dosen universitas samudra melakukan pengabdian kepada masyarakat Desa Cot Muda Itam Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur, bertempat di Balai Pertemuan Desa Cot Itam, Kamis pagi (15/08).

Menurut informasi yang diterima media via whats up dari salah seorang Dosen di Universitas Samudera, Dr. Tengku Muhammad Sahudra, M.Pd. ” Pengabdian kepada masyarakat merupakan kewajiban dosen dalam mengimplementasikan Tri Darma Perguruan Tinggi, yang di hadiri sebanyak 30 orang masyarakat sebagai peserta”.

Lanjutnya lagi, ” tahun 2019 ini salah satu Tim Pengabdian PKM_Dikti yang berasal dari Universitas Samudra, di ketuai oleh Ibu Rita Syntia, ST, MM dan anggota Meri Andriani, S.T, M.T serta Dr. Tengku Muhammad Sahudra, M.Pd telah melaksanakan Pengabdian dengan judul Pemberdayaan Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat Desa Cot Muda Itam Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur.

Rita Syntia sebagai ketua memberikan kata sambutan yang isinya, ” kegiatan pengabdian dilaksanakan bertujuan memanfaatkan Sumber Daya Alam yang melimpah yang ada Kecamatan Cot Muda Itam dengan mengolahnya menjadi sebuah produk yang dapat dipasarkan. Adapun Sumber Daya Alam yang akan dimanfaatkan, diantaranya ikan dan kelapa. Ikan dapat dibuat menjadi kerupuk dan abon, sementara kelapa dapat dibuat menjadi minyak kelapa. Pelatihan ini bukan hanya sampai pembuatan produk saja, Tim pengabdi juga mengharapkan produk ini bisa didaftarkan dalam BPOM Aceh Timur.

Agar pembuatan produk dapat dilakukan dengan mudah Tim Pangabdi juga memberikan beberapa mesin dan alat untuk menunjang proses produksi produk tersebut, juga dapat menjadi inventaris desa yang dapat terus di gunakan dalam rangka mengembangkan usaha yg direncanakan. Tim Pengabdi mengharapkan dengan pelaksanaan pengabdian ini dapat meningkatkan perekonomian Kecamatan Cot Muda itam khususnya penduduk Kecamatan Cot Muda itam, ” tambahan ucapan beliau.

Anggota tim pengabdian Meri Andriani, juga menambahkan bahwa “pelatihan pembuatan produk kerupuk ikan, abon dan minyak kelapa ini diharapkan dapat menjadi ikon dari Kecamatan Cot Muda Itam.

Pengabdian yang dilaksanakan Tim pengabdi bukan hanya sampai pelatihan saja, tetapi Tim Pengabdi juga melakukan evaluasi dari hasil pelatihan dan juga pendampingan dalam memasarkan produk. Pelaksanaan pengabdian ini berlangsung atas bantuan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristek Dikti)”. Adnan, Geuchik Cot Muda Itam mengatakan, “sangat merasa senang akan pelaksanaan dan pemberian mesin/alat dari Tim pengabdi. Beliau juga menambahkan, sangat berterima kasih kepada Tim Pengabdi khususnya Kemeristek Dikti yang telah memilih Kecamatan Cot Muda Itam sebagai tempat pengabdian. Beliau juga mengusahakan pelatihan dan pemberian mesin/alat ini, akan mereka jaga dengan baik dan juga akan mengusahakan dalam melaksanakan tujuan dari Tim Pengabdian di Kecamatan mereka.

Kegiatan pelatihan ini di rencanakan akan terus berlanjut hingga bulan desember 2019 mendatang, dan dalam hal ini kami TIM PKM mengucapkan terimakasih kepada Rektor Universitas Samudra dan Kemristekdikti atas Dana Hibah yg diberikan untuk melakukan pengabdian ini,” tutup Tengku Muhammad Sahudra.( H a muthallib )

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS