26619 KALI DIBACA

Tiga Kecamatan di Abdya Jadi Lokasi KKL Mahasiswa Poltekkes Aceh

Tiga Kecamatan di Abdya Jadi Lokasi KKL Mahasiswa Poltekkes Aceh
example banner

Blangpidie, RealitasS – Sebanyak 496 mahasiswa Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Aceh (Poltekkes Kemenkes Aceh) melakukan kuliah kerja lapangan (KKL) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Dimana, ratusan mahasiswa itu akan menempati tiga kecamatan saja dalam Kabupaten setempat.

Kehadiran ratusan mahasiswa tersebut disambut langsung Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT di halaman kantor bupati setempat, Kamis (20/6) pagi.

Wakil Bupati Muslizar MT dalam kesempatan itu mengatakan, merupakan sebuah kebahagiaan bagi pemerintah setempat karena dapat menerima mahasiswa dan mahasiswi dari Poltekkes Kemenkes Aceh yang akan mendarmabaktikan tenaga maupun ilmunya di Abdya yang nantinya akan ditempat pada tiga kecamatan yakni Kecamatan Lembah Sabil, Manggeng dan Tangan-Tangan.

Namun baru kali ini Pemkab Abdya menerima mahasiswa dari Polttekkes Kemenkes Aceh yang jumlahnya cukup banyak yaitu mencapai 496 mahasiswa. Pihaknya percaya bahwa dengan datangnya mahasiswa dan mahasiswi ini, akan memberikan kesempatan kepada masyarakat  untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dalam bidang kesehatan, yang nantinya akan membawa perubahan perilaku positif di bidang kesehatan.

Oleh karena itu kepada mahasiswa dan mahasiswi, saat melaksanakan tugasnya dalam bentuk KKL ini agar jangan   ragu-ragu, yang penting selalu koordinasikan dengan keuchik, Teungku Imum, ketua pemuda, tuha gampong, tokoh masyarakat, tokoh adat serta warga setempat.

“Tentunya kami akan mendukung sepenuhnya program-program yang dilaksanakan di lapangan nantinya, dan khusus untuk program dalam bidang kesehatan dapat dikoordinasikan langsung dengan Dinas Kesehatan dan jajaranya,” ujarnya.

Menurutnya, yang terpenting adalah dapat menyesuaikan diri dengan norma-norma yang berlaku di lingkungan masyarakat dan selalu menghormati adat istiadat yang berlaku di tempat berlangsungnya KKL ini.  Seperti dalam pepatah yang sudah sangat kita kenal yaitu ‘dimana bumi dipijak, di situlah langit di junjung’.

Dia juga berpesan kepada para Camat dan keuchik yang nantinya langsung berhubungan dengan para mahasiswa dan mahasiswi ini, agar dapat mengayomi dan membimbing para mahasiswa dan mahasiswi supaya program yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Dia juga berharap agar program KKL terpadu yang dilaksanakan di Abdya ini bukan yang pertama dan yang terakhir.

“Kami masih menanti program-program selanjutnya dan selalu terbuka menerima kegiatan seperti ini, ataupun kegiatan lain yang dapat memajukan taraf pengetahuan dan perilaku dibidang kesehatan bagi masyarakat kita,” pungkasnya.

Kegiatan serahterima mahasiswa KKL itu juga dihadiri sejumlah pejabat daerah, akademisi Poltekkes Kemenkes Aceh dan unsur terkait lainnya. (Syahrizal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS