93419 KALI DIBACA

Terkait Air Mineral Keruh, Dinkes Nagan Raya Tinjau Pabrik PT CV Lestari Kuades , Pimpinan Kuades : Sudah Kita Tarik Ribuan Kotak Kuades Di Toko

Terkait Air Mineral Keruh, Dinkes Nagan Raya Tinjau Pabrik PT CV Lestari Kuades , Pimpinan Kuades : Sudah Kita Tarik Ribuan Kotak Kuades Di Toko
example banner

NAGAN RAYA- Tim Labotarium Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya bersama Ketua Hmi Juga Ketua Penelitian Pogram Hibbah Bina Desa Tentang Air mineral meninjau pabrik PT Tirta Lestari Padang Panjang Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya, Senin ( 17/6)

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya A.Rafik didampingi Tim Labortarium Irfan mengatakan, dengan ini sudah kita selidiki ternyata memang benar bahwa air mineral kuades ini memiliki sedikit keruh karena terjadi pada saringan bor dan sekarang sudah di perbaiki, jadi pihak perusahaan welcome dengan adanya informasi ini agar dapat berjalan dan kita akan mengawal dan membina terus tentang air meniral kuades tersebut.

Rafik menambahkan, agar kuades aman dikosumsi (AMDK) ini dapat berjalan sukses dan aman bagi pelanggang, memang pada saat itu pihak perusahaan langsung menarik dan memang terjadi botol kotor dan masuklah dalam acuan tersebut sehingga dapat terlihat keruh yang di maksud,’’tambah Rafik

Sementara Pimpinan PT CV Lestari Kuades Chalvin Yap yang didampingi Yanto wakil Pimpinan menjelaskan, sudah kita lakukan penarikan di semua toko dan lebih kurang 800 sampai ribuan setelah ada keluhan dari masyarakat, setiap barang kita tarik itu kita ganti yang baru dan akan kita lakukan air mineral ini dengan baik supaya tidak kecewa para konsumen baik di Aceh Barat maupun Nagan Raya.

Karena kita mengakui memang ada keruh di sebabkan adanya saringan botol sedikit kotor sehingga air tersebut terjadi kotor dan memang layak dikosumsi, akan tetapi setelah inormasi tersebut kami langsung menarik semua air Kuades yang berada di toko dan kedai kecil dan Aceh Barat dan sebagian Nagan Raya.

Sebelumnya Ketua Umum HMI Nagan Raya Juga Ketua Penelitian Pogram Hibbah Bina Desa Tentang Air mineral Zubir meminta laboratarium memanggil PT CV Lestari tersebut diSebabkan saat diminum air tersebut , semakin tinggi tingkat keruhan, maka hal ini bisa menjadi risiko tinggi yang menyebabkan terkena penyakit pencernaan. Seperti salah satunya sakit ginjal, sakit pinggang, kekebalan tubuh, diare, sakit tenggorokan dan lain, karena kontaminan seperti virus atau bakteri dapat melekat pada padatan tersuspensi.

Jika pihak laboratorium Nagan raya memintakan kami untuk membuktikan apa benar ada kekeruhan atau tidak kami sangat siap untuk membuktikannya karena bukan sampel begitu saja yang kami temukan itu melainkan dalam satu kardus.

‘’Kami juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Nagan Raya Khususnya dan seluruh aceh pada Umumnya harus berhati-hati dalam mengkonsumsikan air mineral yang kita gunakan sehari-hari ini,’’himbau Zubir

Karena air sangat memiliki karakteristik fisika, kimia dan biologis yang sangat mempengaruhi kualitas air tersebut. Oleh sebab itu, pengolahan air mengacu kepada beberapa parameter guna memperoleh air yang layak untuk keperluan domestik terutama pada industri minuman.

Kekeruhan air dapat ditimbulkan oleh adanya bahan-bahan anorganik dan organik yang terkandung dalam air seperti lumpur dan bahan yang dihasilkanoleh buangan industri,’’tambah Zubir yang saat selain ini Ketua HMI juga sebagai ketua Penelitian Pogram Hibbah Bina Desa tentang air mineral tahun 2016 lalu. (MJ)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS