20419 KALI DIBACA

Sebanyak 1.200 Penyebar Dan Pembuat Konten Hoax Diproses Hukum

Sebanyak 1.200 Penyebar Dan Pembuat Konten Hoax Diproses Hukum
example banner

Jakarta I Realitas – Ribuan pelaku penyebar dan pembuat konten hoax diakui pihak kepolisian sudah diproses hukum. Pasalnya, hampir setiap hari laporan adanya kabar bohong itu bisa mencapai belasan kali yang diterima aparat kepolisian.

“Ada belasan laporan tiap hari, kira-kira sampai 17 laporan. Dan sudah ada 1.200 pelaku penyebar konten hoax di Indonesia yang menjalani proses hukum,” jelas Karo Multimedia Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Budi Setiawan, di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Bekasi, Kamis (27/06/19).

Brigjen Pol. Budi Setiawan menjelaskan laporan hoax tidak bisa dipukul rata. Karena, begitu dapat laporan pihaknya langsung melakukan verifikasi dan penyelidikan. Misalkan, laporan itu akan dikaji apakah mengandung unsur kebencian atau tidak.

“‘Jadi kita berjalan sesuai dengan hukum yang berlaku,” tegas Jenderal bintang satu.

Karo Multimedia Divisi Humas Polri mengatakan para korban hoax adalah dari kalangan milenial yakni berusia remaja 17 tahunan. Karena, di usia tersebut sudah menguasai sarana media sosial melalui kepemilihan gedjet.

“Makanya dengan acara tangkal hoax ini saya berharap mereka kalangan milenial bisa mengomfirmasi berita yang belum tentu benar,” tutup Brigjen Pol. Budi Setiawan.

(ym/sw/hy/Nrl)

 

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS