23019 KALI DIBACA

Polisi Amankan. Pemilik Akun Penyebar Tipuan, Hatespeech, dan Provokatif

Polisi Amankan. Pemilik Akun Penyebar Tipuan, Hatespeech, dan Provokatif
example banner

Jakarta I Realitas – Polisi berhasil mengambil alih pemilik akun media sosial yang memposting konten tipuan, ujaran kebencian (hatespeech) dan provokatif. Polisi mengatakan sudah menyetujui para penyebar konten negatif tersebut.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan bahwa berdasarkan pantauan tim patroli siber yang dilakukan oleh Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, opsi akun yang sudah negatif sudah terbukti.

“Kami sudah mengubah berbagai macam akun yang sifatnya provokatif, menyebarkan tipuan, narasi ujaran kebencian. Mereka itu sudah kami pantau. Dari Direktorat Siber telah memprofiling beberapa admin akun, ”jelas Brigjen Pol Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (26/6/19).

Karo Penmas juga mengatakan tidak dapat membeberkan jumlah admin akun medsos yang telah dikumpulkan karena penyidik ​​masih melakukan proses pemeriksaan. Penyidik ​​masih mendalami keterkaitan dengan konten negatif tersebut. “Sudah diamankan dan setelah pemeriksaan akan kami sampaikan. Saat ini penyidik ​​sedang diperbarui, masih dipilah apakah dia pencipta, buzzer atau forwarder, ”tegasnya.

Brigjen Pol Dedi menambah data negatif tahun ini membandingkan tahun 2018. “Jika data dari Siber, Januari hingga Desember 2018 ada 52 kasus. Untuk 2019, Januari hingga Juni, ada 51 kasus. Bagaimana ada peningkatan di situ, jika tahun lalu itu satu tahun 52 kasus, tahun ini dari Januari sampai Juni sudah 51 kasus, ”tutupnya.(bg / sw / hy /Nrl)

 

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS