21019 KALI DIBACA

Pemkab Sergai Melaksanakan Upacara Dalam Rangka Peringatan Hari Kelahiran Pancasila

Pemkab Sergai Melaksanakan Upacara Dalam Rangka Peringatan Hari Kelahiran Pancasila
example banner

Serdang Bedagai | Realitas – Jajaran Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melaksanakan upacara dalam rangka peringatan Hari Kelahiran Pancasila di halaman Kantor Bupati Serdang Bedagai Sei Rampah, Sabtu (1/6/2019).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman dan turut juga dihadiri Kapolres Serdang Bedagai AKBP H Juliarman Eka Putra Pasaribu SSos SIK MSi, Dandim 02/04 DS Letkol KAV Syamsul Arifin SE MTr (Han), Wabup Serdang Bedagai H Darma Wijaya, Kakan Kemenag Serdang Bedagai Dr H Sarmadan Nur Siregar MPd, Sekdakab Drs. Hadi Winarno MM, Staf Ahli Bupati, para Asisten, Kepala OPD, Camat dan ASN jajaran Pemerinta Kabupaten Serdang Bedagai.

Dalam sambutan tertulis Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia Hariyono yang dibacakan oleh Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman menyampaikan Pancasila sebagai Dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “Pendiri Bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa bagi bangsa Indonesia.

Sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Berkat Pancasila yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleran dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi suatu berkah dan dapat dirajut dalam wadah serta slogan “Bhinneka Tunggal Ika,” katanya.

Oleh karenanya Hariyono mengutarakan bahwa sesuai dengan pesan Presiden Joko Widodo bahwa memperingati hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan pertama, kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara.

Selanjutnya yang kedua, dengan merayakan hari kelahiran Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

Pancasila sebagai ” Leitstars Dinamis” bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi arah perjuangan dan pembangunan bangsa kedepan.

Mengakhiri sambutannya Kepala BPIP Hariyono menyampaikan bahwa melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “Politik Harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia,” pungkas Haryono. (J.Irwansyah.Silitonga)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS