19419 KALI DIBACA

Kodim Pidie Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

Kodim Pidie Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila
example banner

Pidie | Realitas – Melalui Peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juli 2019, Perlu Dijadikan Sumber Inspirasi “Politik Harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, kita harus konsisten merealisasikan pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagian seluruh bangsa Indonesia.

Kalimat tersebut merupakan petikan Amanat Plt. Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila Republik Indonesia yang dibacakan oleh Dandim 0102/Pidie dalam upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juli 2019, Sabtu (01/06/2019).

Kegiatan yang digelar dihalaman makodim Pidie Gampong Lampeude Baro Kecamatan Pidie, Jln. Prof A. Majid Ibrahim Sigli, bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) Komandan Kodim 0102/Pidie Letkol Arm Wagino SE dan Komandan Upacara Kapten Inf Rusli.

Dalam amanatnya, Dandim melalu media Realitas menyampaikan bahwa, Pancasila Sebagai Dasar Ideologi dan Pandangan Hidup Bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa, merupakan anugrah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia, harus kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat pancasila.

Berkat Pancasila sebagai Bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan “Bhineka Tunggal Ika”

Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945.

Selanjutnya dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.

Mengakhiri amanatnya Dandim mengajak seluruh elemen bangsa sebagaimana yang diamahkan Presiden Joko Widodo, bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan sebagai salah satu kebanggaan Nasional (National Pride).

Melalui peringatan Hari Lahirnya Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk memyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik sebagaimana pengamalan pancasila sebagai Bintang Penuntun (Leitstars Dinamis), tutupnya. (Zoni Jamil)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS