79519 KALI DIBACA

Dinas Tutup Mata, Ratusan Hektare Lahan Persawahan Di Agara Terancam Gagal Tanam

Dinas Tutup Mata, Ratusan Hektare Lahan Persawahan Di Agara Terancam Gagal Tanam
example banner

Kutacane,  Aceh I Realitas – Ratusan hektare sawah di Desa Kute Seri dan Desa Lembah Haji kecamatan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara terancam mengalami gagal tanam. Hal itu terjadi akibat kurangnya pasokan air karena tak optimalnya fungsi saluran. Hal itu diakibatkan banyak tumpukan tanah pasca banjir beberapa waktu lalu. Meski intensitas curahan hujan pada saat ini tinggi, namun tidak bisa mempasok air di wilayah tersebut.

Warga setempat. Lupi (38) tahun saat ditemui realitas pada Minggu (23/6/2019) mengatakan, areal sawah di wilayahnya yang berpotensi mengalami gagal tanam mencapi ratusan hektare,  hal itu dikarenakan lahan itu tak bisa dialiri air. Dijelaskanya, pada saat ini lahan persawahan itu hanya ada air hujan,  

Namun pada Minggu (23/6/2019) puluhan warga setempat berupaya untuk bergotong royong untuk membersihkan lumpur yang ada di dalam saluran, “kami para petani di wilayah setempat merasa khawatir akan terjadinya potensi gagal tanam karena kesulitan pasokan air. Namun hingga saat ini Dinas terkait tutup mata. 

Seraya berharap kepada Bupati Agara. Raidin pinim melalui Dinas pertanian (Distan) dan Dinas Pengairan diharapkan bisa segera mencarikan solusi. Apalagi, sampai saat ini belum ada upaya apapun dari pihak dinas guna mengatasi permasalahan saluran yang pada saat ini dihadapi para petani tuturnya. 

Menidak lanjuti hal itu kepala Dinas Pertanian Hasbi saat dikonfirmasi via hp pada Minggu (23/6/2019),  namun belum bisa memberikan keterangan (sm). 

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS