23219 KALI DIBACA

Banjir dan Longsor di Padang Pariaman, 1 Orang Tewas 2 Luka-Luka

Banjir dan Longsor di Padang Pariaman, 1 Orang Tewas 2 Luka-Luka
example banner

PARIAMAN – Banjir disertai longsor terjadi di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) pada Selasa (11/6/2019) malam. Tercatat satu orang meninggal dunia dan dua lainnya mengalami luka-luka.

“Bencana tersebut akibat tingginya intensitas hujan yang mengguyur Padang Pariaman,” kata Sekretaris BPBD Kabupaten Padang Pariaman, Yasrum Ajis, saat dikonfirmasi wartawan.

Dia merinci, bencana yang menerjang daerah tersebut yaitu longsor menimpa sebuah rumah di Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging. Warga telah mengevakuasi korban dan membersihkan material longsor.

Longsor tersebut menyebabkan korban jiwa satu orang dan dua orang luka-luka. Untuk korban luka kini telah dibawa ke Puskesmas setempat.

Selain longsor, lanjutnya, banjir bandang menerjang kawasan daerah Paingan, Nagari Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau akibat jebolnya tanggul Batang Paingan.

“Akibat banjir tersebut, sejumlah warga kami evakuasi,” ujarnya.

Banjir juga menerjang Pasar Sungai Limau akibat meluapnya Batang Sungai Limau sehingga melumpuhkan transaksi jual beli di pasar tersebut. Penyebabnya diduga karena luapan air sungai.

Menurutnya, data tersebut masih bersifat sementara yang dihimpun pihaknya di lapangan dan wali nagari. Warga diminta untuk menjauhi aliran sungai, tebing serta pantai karena hujan dan angin kencang masih melanda daerah itu.

Sementara itu, salah seorang warga Sungai Limau Heri mengatakan kedalaman banjir di Pasar Sungai Limau mencapai satu meter.

“Hujan mulai turun sekitar pukul 14.30 WIB dan reda sekitar pukul 17.00 WIB sedangkan air mulai menggenangi pasar sekitar pukul 15.00 WIB,” kata dia.(ines)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS