25819 KALI DIBACA

BPN Minta Jenazah KPPS Dibongkar, KPU: Tak Usah Dibawa-bawa ke Politik

BPN Minta Jenazah KPPS Dibongkar, KPU: Tak Usah Dibawa-bawa ke Politik
example banner

KPU menyatakan petugas KPPS yang meninggal saat Pemilu 2019 karena kelelahan. KPU meminta perihal meninggalnya para petugas ini tak dibawa ke ranah politik.

“Kebanyakan orang yang meninggal ini adalah orang-orang yang kelelahan, dengan loading kerja yang luar biasa. Jadi nggak usah dibawa-bawa ke politis lah,” kata Komisioner KPU Ilham Saputra di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Sabtu (4/5/2019).

Menurut Ilham, kasus meninggalnya petugas KPPS ini perlu sama-sama dievaluasi. Ilham menyinggung adanya undang-undang yang memerintahkan pemilu serentak.

“Meninggalnya mereka ini adalah mari kita sama-sama evaluasi. Bahwa ada undang-undang yang memerintahkan kita untuk pemilu serentak,” tuturnya.

Baca juga: BPN Luruskan soal Usul Jenazah KPPS Dibongkar: Kalau Perlu, Bukan Harus

Sebelumnya, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengusulkan makam para petugas pengamanan Pemilu 2019 yang gugur saat bertugas dibongkar kembali. BPN menilai ada yang janggal karena banyaknya jumlah petugas yang meninggal.

“Kami mengusulkan kemarin kalau dipandang perlu maka seluruh jenazah yang meninggal misterius karena kami tidak mendengar secara detail penyebabnya apa secara medis, maka jika perlu semua jenazah itu dibongkar untuk dilakukan autopsi. Supaya tidak ada kecurigaan di antara masyarakat,” kata anggota BPN, Mustofa Nahrawardaya di Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (3/5). (dc)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS