31719 KALI DIBACA

Warga Masyarakat Gampong Bukit Rata Dambakan Memiliki Lahan Sendiri

Warga Masyarakat Gampong Bukit Rata Dambakan Memiliki Lahan Sendiri

Langsa | Realitas – Warga masyarakat yang menduduki Gampong Bukit Rata Kecamatan Langsa Timur Kota Langsa, ternyata hingga kini tidak ada memiliki sejengkal tanah pun atas nama pribadinya apalagi tanah atau lahan pusaka sebagaimana warga Gampong lainnya kepada wartawan Media Realitas, Mahyuddin Geuchik (Kepala Gampong) diruang kerjanya.

Membenarkan atas informasi tersebut, “Karena Gampong Bukit Rata ini merupakan lahan milik Perusahaan PTP Nusantara I, bahkan banyak warga masyarakat kita yang berstatus sebagai karyawan pekerja PTP”, demikian di Kata Mahyuddin, Senin (22/4/2019).

Sebenarnya, lanjut pak Geuchik, keinginan untuk dapat memiliki lahan ataupun tanah ditempat ini sudah sangat lama diidam-idamkan oleh warga masyarakat, pasalnya sejauh ini, warga msayarakat di sini yang telah berkembang sejak beberapa generasi yang lalu hingga sekarang , tidak ada satu orang pun warga Gampong Bukit Rata yang memiliki harta pusaka ataupun harta warisan di desa ini.

“Gimana mau punya orang, ini seluruhnya lahan milik PTP-Nusantara I,” timpal pak Geuchik seraya berkelakar.

Kendatipun demikian, lanjut Mahyuddin, yang merupakan mantan tenaga honorer senior di Sekdakot Langsa, pada bagian Humas setempat, sejauh ini pihak sedang berusaha mengajukan permohonan kepada pihak Pemerintah Kota Langsa agar segera melakukan pembebasan lahan yang ada di Gambong Bukit Rata tersebut.

Ini perlu untuk se-segera mungkin diwujudkan oleh Pemerintah Kota Langsa, mengingat sejauh ini para aparat desa diwilayah itu tidak bisa berbuat apa-apa dengan sumber dana Gampong yang ada dari APBN, dikarenakan ketiadaan lahan.

Adapun dana yang diterima Gampong Bukit Rata pada tahun anggaran ini, jumlahnya mencapai Rp 900 juta lebih.

Namun dana tersebut, tidak bisa kita pergunakan untuk pembangunan Gambong di karenakan kita tidak memiliki lahan sama sekali, untuk itu, kami sebagai penduduk Gampong Bukit Rata sangat mengharapkan percepatan terhadap pelepasan lahan yang selama ini dalam kepemilikan pihak PTP Nusantara. (Effendi Musa)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS