20219 KALI DIBACA

Pencoblosan Pemilu 2019, Pemilih Tidak Boleh Selfie

Pencoblosan Pemilu 2019, Pemilih Tidak Boleh Selfie
example banner

Lhokseumawe | Realitas – 8 bulan sudah para peserta pemilu baik capres cawapres maupun calon legislatif mengkampanyekan visi misinya untuk Indonesia.

Hari ini 17 April 2019 merupakan hari pencoblosan untuk Pemilihan Umum atau Pemilu 2019.

Pemilu kali ini adalah untuk memilih presiden dan wakil presiden, serta calon legislatif dari tingkat kota hingga provinsi juga pemilihan senator atau Dewan Perwakilan Daerah.

Kepada para pemilih yang ingin menyalurkan hak suaranya di tempat pemungutan suara hari ini perlu memperhatikan formulir C6 atau undangan untuk mencoblos.

Perhatikan nomor TPS yang tertera, usahakan Anda sudah memiliki nama-nama yang akan dipilih di bilik suara nanti. Hal ini mengingat akan ada lima lembar surat suara yang dibagikan yaitu untuk surat suara pemilihan presiden, pemilihan DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. 

Apabila tidak mendapatkan formulir C6, Anda juga bisa mengecek di website lindungihakpilihmu.kpu.go.id.

Di situs tersebut Anda bisa memastikan apakah terdaftar atau tidak dengan hanya memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di kolom pencarian.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga ingatkan pemilih untuk tidak berfoto selfie atau swafoto bersama surat suara yang dicoblos.

Selfie bersama surat suara yang dicoblos dianggap melanggar Peraturan KPU (PKPU) sebab termasuk dalam pendokumentasian hasil pencoblosan.

“Kita melarang pemilih berswafoto atas pilihan politiknya,” ujar Komisioner KPU Wahyu Setiawan di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2019) dilansir media ini.

Larangan foto selfie itu terkait dengan prinsip pemilu yang menjunjung tinggi kerahasiaan.
Tindakan mempublikasikan pilihan politik dapat disebut sebagai mengingkari prinsip rahasia pemilu.

Selain melanggar prinsip pemilu, selfie juga akan memperpanjang antrean di bilik suara.

Gunakan hak pilih anda, Selamat memilih. (Rizal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS