23019 KALI DIBACA

KIP Abdya Sosialisasi Pindah Memilih Hasil Putusan MK

KIP Abdya Sosialisasi Pindah Memilih Hasil Putusan MK
Foto: Realitas/Syahrizal Kepala Devisi Program dan Data KIP Abdya, Martono didampingi Kasubbag Data Yuyun Arizal memberikan keterangan pers terkait putusan MK tentang pindah memilih di Kantor KIP setempat, Selasa (2/4/2019).

Blangpidie | Realitas – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) akan membuat pengumuman dan mensosialisasikan kepada masyarakat yang ingin pindah memilih ketempat lain dengan keadaan tertentu yang diberi masa waktu pengurusan 7 (tujuh) hari sebelum masa pemungutan suara 17 April 2019.

Kepala Devisi Program dan Data KIP Abdya, Martono, Selasa (2/4/2019) mengatakan, bahwa mulai hari ini akan lansung bergerak untuk memasang spanduk pengumuman bagi warga Abdya yang ingin pindah memilih ketempat lain dengan keadaan tertentu.

Hal itu berdasarkan hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia nomor 20/PUU-XII/2019.

Dimana, KPU/KIP seluruh Kabupaten/Kota agar membuat pengumuman dan sosialisasi terkait pengurusan pindah memilih dapat dilakukan sampai 7 hari sebelum pemungutan suara hingga pukul 16.00 waktu setempat.

Putusan itu hanya mengakomodir pemilih dengan keadaan tidak terduga diluar kemampuan dan kemauan pemilih karena sakit, tertimpa bencana alam, menjadi tahanan karena melakukan tindak pidana, atau menjalankan tugas pada saat hari pencoblosan.

“Selain sakit, yang mendampingi orang sakit itu juga bisa mengajukan pindah memilih, kemudian untuk bencana alam bagi mereka yang telah mengungsi ketempat lain termasuk bagi mereka yang sedang bertugas pada saat hari pencoblosan bisa mengajukan pindah tempat memilih yang dibuktikan dengan surat tugas,” kata Martono didampingi Kasubbag Data, Yuyun Arizal diruang kerjanya.

Untuk mengumumkan keputusan MK tersabut, KIP akan memasang spanduk di setiap kecamatan dalam Kabupaten Abdya termasuk pada sejumlah tempat umum lainnya yang mudah diakses oleh masyarakat.

Disamping itu, Martono juga menyebutkan bahwa, data pemilih tambahan (DPTb) akan diperpanjang hingga 10 April 2019 mendatang.

Berdasarkan hasil pleno tanggal 19 Maret 2019 lalu, Data Pemilih Tetap (DPT) Abdya saat ini berjumlah 101.905 termasuk Data Pemilih Khusus (DPK).

“Selain itu juga didalamnya ada data pemilih yang pindah ke Abdya berjumlah 307 orang,” sebutnya.

Kemungkinan pada hari ini juga, KIP akan melakukan pleno internal peralihan DPT dari DPT hasil perbaikan (HP) 2 menjadi DPT HP 3 setelah adanya rekomendasi dari Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) setempat.

“Meski diplenokan nanti, jumlah DPT masih tetap yakni 101.905 yang tersebar di 427 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan jumlah laki-laki sebanyak 50.629 dan 51.276 perempuan,” pungkas Martono. (Syahrizal/iqbal)

Subscribe

MEDIA REALITAS