16619 KALI DIBACA

9 TPS Di Jatim Berpotensi Dilakukan Coblosan Ulang

9 TPS Di Jatim Berpotensi Dilakukan Coblosan Ulang

Surabaya | Realitas – Bawaslu Jawa Timur menyebut ada tujuh TPS di wilayah Jatim yang berpotensi untuk dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Hal itu berdasarkan dugaan beberapa pelanggaran yang ditemukan.

“Kami dari Bawaslu Jatim memang menemukan beberapa dugaan pelanggaran di wilayah Jawa Timur, tapi demikian dari beberapa adegan tersebut tampaknya ada sekitar 7 sampai 9 TPS yang akan direkomendasikan untuk Pemungutan Suara Ulang,” kata Anggota Bawaslu Jatim Purnomo Satriyo Pringgodigdo di Surabaya, Kamis (18/4/2019).

Saat ditanya TPS tersebut di daerah mana saja, Purnomo menyebut TPS terbanyak yang berpotensi PSU ada di wilayah Madura. Selain itu, ada pula TPS yang berada di Surabaya, Mojokerto dan Gresik.

“Yang pasti di daerah Madura ada Bangkalan, Sampang, Sumenep, Pamekasan, Surabaya, Mojokerto, dan Gresik,” imbuhnya.

Namun Purnomo mengatakan tujuh hingga sembilan daerah tersebut masih disebut berpotensi.

Dia menambahkan untuk keputusan PSU atau tidak, merupakan ranah KPU.

Selain itu, pihaknya masih mendalami beberapa temuan terkait dugaan pelanggaran pemilu ini.

“Yang pasti kami sedang mendalami, melakukan kajian bila mana memang dibutuhkan akan direkomendasikan Pemungutan Suara Ulang, tapi keputusan PSU itu ada di KPU Kabupaten,” lanjutnya.

Saat ditanya pelanggaran apa saja yang membuat TPS-TPS tersebut rawan PSU, Purnomo menambahkan ada beberapa hal.

“Untuk permasalahannya ada macam-macam misalnya memang DPR tersebut ternyata didatangi oleh sekelompok orang yang diduga menggunakan paksaan untuk memilih atau misalnya ada dugaan surat suara yang memang sudah tercoblos dari awalnya,” pungkasnya. (dtc/iqbal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS