60419 KALI DIBACA

Tim Catur Putri Unsyiah Juara Kedua Kejuaraan International Di Malaysia

Tim Catur Putri Unsyiah Juara Kedua Kejuaraan International Di Malaysia
Pecatur Tim Putri Unsyiah saat bertanding bertanding di kejuaraan international mahasiswa di Malaysia.
example banner

Banda Aceh | Realitas – Tim Catur Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang diperkuat Anisha Purwanto, Agus Winarsih, Firmadiana dan Klarisa Sabila meraih medali perak setelah tampil sebagai juara kedua kejuaraan catur Mahasiswa Asia yang digelar di Malaysia 26-29 Januari 2019.

Dalam turnamen international berlebel GACC Varsity-University tersebut, tim Unsyiah tampil sebagai runer-up setelah mengumpulkan poin 8 kelompok putri.

Pendamping sekaligus pelatih tim catur Unsyiah, Dian Maulana SIP, WNP kepada wartawan di Banda Aceh, Rabu (30/1/2019) mengatakan, kejuaraan terbuka yang mempertandingkan sejumlah kategori yakni beregu, campuran senior, yunior dan mahasiswa putra-putri diikuti 113 tim puluhan negara di Asia.

Sedangkan regu putri Unsyiah yang masuk unggulan 105 berhasil meraih juara kedua kelompok putri.

Di kelompok beregu mahasiswa putri ini, juara pertama diraih tim The Queens Malaysia. Juara ketiga diperoleh regu IIUM Queens

Dian Maulana menambahkan, pecatur putri Unsyiah, Klarisa yang bertanding pada kelompok perorangan berada di peringkat 8.

Pecatur yang dipanggil Seleknas SEA Games ini kalah di babak terakhir, sehingga gagal meraih perak.

Namun Klarisa termasuk sukses masuk dalam 10 besar kelompok putri kejuaraan international mahasiswa, sebagai peringkat ke-8.

Wasit nasional pratama ini menjelaskan, tim catur Unsyiah yang dimanejeri Siska Nurlianti, selain ikut di nomor tim dan perorangan putri, juga menyertakan seorang pecatur yang bertanding di perorangan putra, atas nama Boby Fischer.

Katanya, kejuaraan international tersebut diikuti sejumlah pecatur bergelar FIDE Master dan Master International diantaranya dari Malaysia dan Philipina.

Usaha dan prestasi tim catur Unsyiah sudah maksimal dalam event kelompok mahasiswa berskala international ini.

Prestasi ini yang kedua, setelah kejuaraan Kementrian Malaysia tahun lalu, pecatur kita Anisha juga meraih medali perak”, sebut sarjana ilmu politik alumni Unsyiah ini, seraya mengaku dirinya juga yang mendampingi dan sebagai pelatih Anisha pada kejuaraan tersebut.

“Atas prestasi yang diraih tim catur tersebut, para pecatur direncanakan dalam waktu dekat ini akan dijamu oleh Rektor Unsyiah, Prof Dr. Samsul Rizal M.Eng”, terang penasehat dan mantan ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) catur Unsyiah ini. (H A Muthallib)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS