16019 KALI DIBACA

Polda Babel Latih Anggota Satpol PP Teknik Pemeriksaan Hingga HAM

Polda Babel Latih Anggota Satpol PP Teknik Pemeriksaan Hingga HAM
example banner

Pangkalpinang | Realitas – Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melakukan MoU dengan Pemprov Babel untuk meningkatkan kemampuan Satuan Polisi Pamong Praja.

Sebanyak 225 anggota Satpol PP akan diberikan pelatihan oleh polisi.

Kapolda Babel Brigjen Pol Istiono mengatakan rasa aman di tengah masyarakat bukan datang begitu saja tapi keamanan harus diupayakan dan diciptakan.

“Tertib di masyarakat akan sangat berpengaruh terhadap kualiatas bermasyarakat, efeknya Investasi dari luar untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat yang menjadi muaranya,” ujar Kapolda dalam, Senin (28/1/2019).

Karenanya itu, kepolisian perlu melakukan sinergi dengan pihak lainnya untuk menciptakan keamanan.

Untuk angkatan pertama, sebanyak 225 Anggota Satpol PP akan dilatih oleh tenaga pendidik yang sudah berpengamanan.

Menurut Karo SDM Polda Babel Kombes Pol Enjang Hasan Kurnia para anggota Satpol PP itu akan mendapatkan 30 persen teori dan 75 praktik lapangan.

“Mulai dari pelajaran tentang hukum dan HAM, teknik pemeriksaan saksi dan tersangka, pengamanan markas, deteksi dini terhadap ancaman teror sampai pada pengenalan senjata api dan menembak,” kata Kombes Pol Enjang.

Namun khusus untuk pelatihan menembak, kata Kombes Pol Enjang, para peserta dilakukan test psikologi terlebih dahulu.

Sementara itu Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman menyampaikan apresiasi terhadap program ini.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada Kapolri dan Kapolda atas kepedulian dan dukungan serta bantuan pada program ini,” ujarnya.

Gubernur berharap kerjasama ini terus berlanjut dan ditingkatkan sehingga meningkatkan sinergi antar anggota di lapangan dalam pelayanan kepada masyarakat.

Pembukaan pendidikan direncanakan setelah penutupan pendidikan Dasar Bintara Polri 2018, awal Maret 2019 di SPN Bangka Belitung. (H A Muthallib)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS