45819 KALI DIBACA

Agara Banjir Lagi, Sungai Lawe Bulan Perlu Normalisasi

Agara Banjir Lagi, Sungai Lawe Bulan Perlu Normalisasi
example banner

Kutacane | Realitas – Akibat curahan hujan tinggi di Kabupaten Aceh Tenggara pada Selasa malam (15/1/2019), ribuan rumah warga tergenang air, hal itu di akibatkan meluapnya sungai Lawe Bulan.

Menurut informasi yang dihimpun media realitas pada Rabu (16/1/2019) Kecamatan yang terkena yaitu, Kecamatan Ketambe, Badar, Babussalam, Lawe Bulan, Bambel dan Lawe Sumur.

Banjir ini terjadi sekira pukul 20.00 Wib malam.

Menurut pengakuan Jupri (33) tahun warga Desa Terandam Kecamatan Babussalam pada media realitas pada Rabu (16/1/2019) menyebutkan, air dari sungai Lawe Bulan pada saat ini sudah mulai surut, dijelaskannya, pada tadi malam air mulai meluap sekitar pukul 21.00 WIB hingga ketingian air mencapai 30 cm samapi 1 meter.

Sehingga mengakibatkan ratusan kepala keluarga di Strak Pisang, Terandam dan Gang Roma di Desa Kutacane rumahnya habis terendam lumpur dari banjir tersebut.

Lanjutnya, dalam sebulan terakhir, banjir sudah tiga kali menerjang desa mereka.

Sungai Lawe Bulan perlu normalisasi.

Namun banjir kali ini merupakan terparah dari sebelumnya.

Banjir ini cukup parah dan melanda sejumlah desa diantaranya Kutacane Lama, Mandala, Pulolatong, Gumpang Jaya, Pajak Pagi atau Bacang Lade, Pajak Inpres, Pulonas, Pulonas Baru dan beberapa desa lainnya, saya berharap kepada pemerintah agar secepatnya membuat normalisasi di sepanjang sungai Lawe Bulan, ungkapnya.

Semetara itu kepala BPBD Agara Ramisin hingga berita ini diturunkan belum bisa dikonfirmasi, sehingga belum ada data resmi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). (Sumardi)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS