78419 KALI DIBACA

Petani Nagan Panen Padi Di Ladang Hutan Rimba

Petani Nagan Panen Padi Di Ladang Hutan Rimba
Petani desa Krung Mangkom Kecamatan Seunagan melakukan pemotongan padi dengan alat tradisional, Senin (31/12/2018).(Muji Burrahman)
example banner

Nagan Raya | Realitas – Masyarakat Petani di desa Krung Mangkom Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya memanenkan padi di ladang hutan rimba, Senin (31/12/2018).

Ladang padi dilakukan oleh petani dengan motong memakai ani-ani (alat tradisional) pertama di Babak, tebang, bakar, habis selesai dilakukan pembersihan baru di tanam biji padi di lokasi ladang dengan menggunakan bambu atau kayu.

Luas 3 Ha, dari hasil panen padi ladang alhamdulillah mencukupi, hasilnya pun penuh tidak gosong yang hanya burung dan itu harus kita jaga untuk mengantisipasinya.

Dalam hal ini kita ajak masyarakat untuk sama-sama mengembangkan padi ladang supaya ini dapat di di kembangkan kembali, karena dari zaman dulu memang padi ini di lakukan dari ladang dan sekarang kita kembangkan lagi untuk memanenkan padi ladang tersebut,” kata Salamuddin yang juga mantan kades Krung Mangkom yang sekarang menjabat sebagai Sekdes.

Saat dilakukan panen padi diladang hanya membutuhkan lebih kurang 6 bulan, jenis padi yang di kita panen segepal, rasi singke, pla gajah dan leukat dara baro.Bibit yang kita ambil di Pante ceureumen di desa tanoh merah tutut Aceh Barat.

Salamuddin menjelaskan, maka dengan ini supaya krung mangkom dapat memajukan hasil panen padi ladang, karena bibit untuk selanjutnya di lakukan sudah tersedia.

Kita harapkan bantuan dari pemerintah Kabupaten Nagan Raya agar dapat memberikan bantuan seperti kawat dan ambal pagar, karena sebelumnya bibit yang dulu sudah di bantu oleh DPR melalui ketua Samsuardi.

Kita ucapkan terima kasih kepada Samsuardi yang telah memberikan bantuan bibit padi, sehingga proses berjalan dengan baik. (MJ/iqbal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS