Kapal Kemenhub Bawa Bantuan Ke Pulau Sebesi Dan Sebuku Pasca Tsunami

oleh -236.579 views

Jakarta | Realitas – Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, R. Agus H. Purnomo menegaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan kapal untuk memberikan bantuan kemanusiaan pada daerah terdampak tsunami di Selat Sunda.

Kapal patroli KPLP KNP.336 milik Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas I Panjang ke Pulau Legundi dan kapal negara kenavigasian KN. Edam yang membawa bantuan kemanusiaan dari KSOP Kelas I Banten dikerahkan untuk para korban bencana tsunami di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang kemarin, Senin (24/12/2018).

Sementara itu, kapal Negara KPLP KN. Jembio dari Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas I Tanjung Priok hari ini, Selasa (25/12/2018) bertolak dari Dermaga Bakauheni membawa bantuan kemanusiaan ke Pulau Sebesi dan Sebuku Lampung.

“Hari ini, kapal KNP. Jembio akan menuju Pulau Sebesi dan Sebuku membawa bantuan kemanusiaan berupa bahan pokok dan bahan kebutuhan sehari-hari dari Pemerintah Daerah Provinsi Lampung bagi para korban bencana tsunami di kedua pulau tersebut,” ujar Agus dalam keterangan tertulisnya.

Sebanyak delapan orang petugas medis yang tergabung dalam tim medis Balai Kesehatan Kerja Pelabuhan (BKKP) Ditjen Perhubungan Laut juga telah bergabung di Posko Labuan untuk membantu penanganan medis bagi para korban bencana tsunami.

Kepala BKKP, Dr. Hesti Ekawati menjelaskan bahwa para petugas medis sudah siap memberikan penanganan medis di Posko Ditjen Hubla yang berada di Dermaga PT Indah Kiat Pulp and Paper Banten dan Posko Labuhan.

“Sejak Minggu, tim medis dari BKKP sudah memberikan penanganan medis di kedua posko tersebut.

Adapun kemarin, Ibu Dirjen Hubla yaitu Ibu Dr. Heny Agus juga ikut bertugas dan memimpin tim medis BKKP di Posko Bantuan Kemanusiaan.

Hingga saat ini, sudah ada warga yang mengalami sakit akibat terdampak bencana tsunami telah memanfaatkan layanan medis ini,” ujar Hesti.

Sebagai informasi, Kementerian Perhubungan telah membuka Posko Peduli Bencana Tsunami di KSOP kelas I Banten, Kantor PT ASDP cabang Merak Banten dan Dermaga PT Indah Kiat Pulp and Paper. (dc/iqbal)