28619 KALI DIBACA

Bantu Indonesia, Inggris Kirim Tenaga Ahli Ke Sulawesi Tengah

Bantu Indonesia, Inggris Kirim Tenaga Ahli Ke Sulawesi Tengah
example banner

Jakarta | Realitas – Menteri Pembangunan Internasional Inggris Penny Mordaunt mengumumkan, negara Britania Raya akan membantu penanganan setelah gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Mordaount melalui akun twitternya, menyebut sejumlah tenaga ahli dan bantuan sebesar 2 juta poundsterling atau setara rp 38 miliar dikucurkan untuk membantu Indonesia.

“Inggris berbelasungkawa sedalam-dalamnya kepada mereka yang terkena dampak gempa bumi dasyhat dan tsunami di Indonesia.

Mengikuti permintaan dari Pemerintah Indonesia, kami mengerahkan tim ahli Inggris dan 2 juta poundsterling untuk memenuhi kebutuhan mendesak,” tulis Mordaunt pada Senin malam (1/10/2018).

Juru Bicara Kedutaan Inggris Faye Belnis saat dihubungi Tribun mengatakan, lima ahli tersebut tiba ke Indonesia malam hari ini.

“Mereka tiba malam ini dan mereka akan bekerja dalam kemitraan dengan pihak berwenang Indonesia tentang tanggap darurat,” tutur Faye saat dikonfirmasi, Selasa (2/10/2018).

Indonesia diketahui, secara terbuka menerima bantuan dari dunia internasional.

“Banyak sekali yang menyampaikan keinginannya untuk membantu, ini menunjukkan teman kita banyak, kawan kita dari negara lain banyak dan mereka akan kirim,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/10/2018).

Tercatat lebih dari 10 negara, menawarkan bantuan ke Indonesia, seperti Amerika Serikat, Perancis, Swiss, Norwegia, Jepang, Australia, New Zealand.

Kemudian, Singapura, Thailand, RRT, serta India.

Terkait, bantuan-bantuan tersebut, Jokowi menunjuk Menkopolhukam Wiranto untuk mengidentifikasi jenis bantuan yang diperlukan, kemudian disampaikan ke negara-negara itu. (tribunnews/iqbal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS