SBY: Jika Diam Itu Emas, “Speak is Silver” 

oleh -125.579 views

Jakarta I Realitas – SBY: Jika Diam Itu Emas, “Speak is Silver” 

Presiden keenam Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY), menyebutkan istilah “speak is silver” saat menyampaikan serangkaian tweet melalui akun Twitter miliknya, @SBYudhoyono, Rabu (12/9/2018).

Istilah itu ia gunakan sebagai penggambaran bahwa tidak selamanya bicara berdampak salah dan buruk.

Menurut SBY, ini tergantung pada konteks dan kapasitas si pembicara,hal itu ia sampaikan sebagai tanggapan atas banyaknya masyarakat yang menyampaikan pesan “SBY jangan diam saja”, di sela-sela ucapan selamat ulang tahun yang ia terima, Minggu (9/9/2018) lalu.

“Dari ratusan ribu pesan yang saya terima, intinya ada 3. Ucapan selamat; terima kasih 10 th kepemimpinan saya & ‘SBY Jangan Diam Saja’,” tulis SBY.

Melalui tweet selanjutnya, SBY menyebutkan bahwa dirinya tetap turut memikirkan dan memberi kontribusi untuk kemajuan Indonesia.

Dalam kapasitasnya sebagai mantan presiden, SBY mengaku tidak sepantasnya terlalu banyak bicara apalagi jika memperkeruh suasana,”Sebagai mantan presiden tentu tidak etis ‘tiap hari’ berbicara, apalagi kalau bikin gaduh,itu bukan karakter saya,seringkali ‘diam itu emas’,” tulis ketua umum Partai Demokrat ini.

Namun, dalam kapasitasnya sebagai pimpinan partai politik, ia harus menyampaikan pandangan dan sarannya terhadap pemerintah.

SBY mengaku, dia akan mendukung kebijakan pemerintah yang tepat dan pro rakyat. Namun, kritikan akan ia lontarkan jika pemerintah mengeluarkan kebijakan yang sebaliknya.

“Nah, sebagai pemimpin partai politik, dalam keadaan tertentu saya mesti berbicara secara terukur dan konstruktif. Ingat, ‘speak is silver’,” kata SBY.

SBY menganggap pro-kontra yang timbul dari masyarakat atas pernyataan-pernyataan yang ia sampaikan sebagai hal yang wajar dalam sebuah negara yang menganut sistem demokras,hal itu terkadang membuat orang-orang terdekatnya merasa tidak tega jika dirinya dihujani komentar-komentar negatif terkait kritik yang ia utarakan terhadap pemerintah,akan tetapi, ia menganggapnya sebagai sebuah resiko yang harus dihadapi.

Rentetan tweet yang ia unggah juga tak luput dari komentar netizen. 

Komentar sebagian netizen di twit SBY, Rabu (12/9/2018).

(Twitter) Sebagian besar memberikan kritik, menyebut SBY terlalu sering curhat di Twitter, seperti yang disampaikan oleh akun bernama @ompaktoyahooco2. “Itu bagus pak seorang negarawan sejati dan mantan presiden tentunya akan lebih terhormat bila irit bicara tidak selalu menanggapi permasalahan yang sepele dan ecek-ecek, tapi di sisi lain bapak minta ijin akan banyak bicara. Lho ini maksudnya gimana pak?,” tulisnya,(kps/ade).