26219 KALI DIBACA

KPU Pertimbangkan Usulan Bawaslu Soal Caleg Eks Koruptor Ditandai

KPU Pertimbangkan Usulan Bawaslu Soal Caleg Eks Koruptor Ditandai
example banner

Jakarta | Realitas – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mempertimbangkan usulan Bawaslu terkait calon anggota Legislatif (caleg) mantan narapidana kasus korupsi untuk diberikan tanda pada kolom kertas suara, supaya masyarakat tahu tentang masa lalunya sebelum dipilih.

“Bisa jadi iya (menjadi opsi).

Cuma kan kami pertimbangkan dulu untuk sampai ke situ,” ucap Komisioner KPU Hasyim Asy’ari di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (18/9/2018).

Hasyim khawatir, apabila caleg eks koruptor itu ditandai justru dinilai diskriminasi karena selama ini sudah ada syarat khusus untuk caleg mantan koruptor yang harus dipenuhi, seperti SKCK surat dari pengadilan dan mengumumkan lewat media mengenai masa lalunya.

“Pertanyaannya kemudian kalau KPU menandai calon tersebut dalam daftar calon jadi diskriminatif atau tidak, kalau jadi diskriminatif, KPU mempertimbangkan untuk tidak melakukan itu, apalagi di surat suara, tentu saja tidak,” imbuhnya.

Hasyim menjelaskan, aturan caleg eks koruptor mempublikasikan statusnya itu sudah tertuang dalam PKPU hanya saja yang perlu diawasi adalah penerapannya karena banyak modus yang dilakukan mantan koruptor justru membeli korban-koran tertentu.

“Mengumumkan di koran tapi jenisnya itu suplemen, dan kemudian suplemennya dibeli sendiri enggak pernah beredar di masyarakat.

Tapi korannya ini di sampaikan di KPU untuk daftar sebagai bukti, tapi masyarakat enggak pernah tahu ada pengumuman ini, karena modelnya suplemen dari koran,” pungkasnya. (okezone/iqbal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS