48619 KALI DIBACA

Daker Mekah: Pelayanan Di Madinah Sama Seperti Di Mekah

Daker Mekah: Pelayanan Di Madinah Sama Seperti Di Mekah
Jemaah Haji asal Indonesia bergerak ke Madinah untuk melaksanakan salat 40 waktu atau Arbain
example banner

 

Jakarta I Realitas – Daker Mekah: Pelayanan di Madinah sama seperti di Mekah.

Enam ribu lebih jemaah haji Indonesia bergerak ke Madinah pada pelepasan di Pemondokan Rei Bakhsy Mekah, Jumat (31/8/2018), jemaah haji akan melaksanakan salat 40 waktu atau Arbain.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekah Dr. Endang Jumali mengatakan, di sana jemaah akan mendapatkan pelayanan yang sama seperti di Mekah, setiap jemaah akan mendapatkan dua kali makan dalam sehari, hotel mereka jauh lebih mewah bila dibandingkan di Mekah.

Namun, pemesanan sebagian hotel di sana tidak sepanjang musim, masih ada yang menggunakan sistem blocking time, agar jemaah tidak menunggu lama di lobi, petugas haji di Madinah sudah mempersiapkan hotel sehari sebelum kedatangan.

“Pergerakan jemaah ke Madinah lebih santai, jemaah juga lebih tenang, karena mereka sudah melaksanakan inti ibadah di Tanah Suci, jadi beban mereka sudah tak ada,” jelas Endang dikutip dari Kementerian Agama RI Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Jemaah gelombang kedua lebih banyak waktu untuk beristirahat dan mempersiapkan diri kembali ke kampung halaman, biasanya mereka sudah mulai menyiapkan oleh-oleh berupa pakaian, perangkat salat dan makanan.

Jemaah gelombang kedua berada di Madinah lebih dari sepekan, sebagian dari mereka tidak menyelesaikan ibadah Arba’in karena sudah merindukan kampung halaman, ketika akan meninggalkan Madinah, mereka tak mempermasalahkan ibadah sunah tersebut.

“Biasanya mereka bergegas menyiapkan koper dan barang bawaan untuk pemulangan melalui Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz,” terang Endang.

Ketika pemulangan ke Tanah Air, jemaah akan dipandu oleh tim petugas haji Daker Bandara tersebut.(Viva/Feri)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS