30419 KALI DIBACA

112 Terminal BBM Pertamina Siap Salurkan B20

112 Terminal BBM Pertamina Siap Salurkan B20
example banner

Jakarta | Realitas – PT Pertamina (Persero) siap menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) B20 dari 112 terminal BBM yang dimiliki perusahaan berplat merah itu.

Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati menyatakan saat ini sudah 60 Terminal BBM yang mendistribusikan B20.

Sedangkan 52 terminal lainnya belum dapat mendistribusikan karena belum ada pasokan Fatty Acid Methyl Ester (FAME) dari Badan Usaha yang memproduksi Bahan Bakar Nabati (BBN).

Nicke mengatakan pendistribusian tersebut diharapkan dapat mendorong peningkatan jumlah pengguna bahan bakat biodisel.

“Kami sudah siap dan seluruh fasilitas Pertamina sudah siap 100 persen untuk mencampur dan menyalurkan biodiesel sebagai implementasi kebijakan mandatori B20,” kata Nicke di Jakarta.

Dari 60 Terminal BBM yang telah menyalurkan B20 Pertamina mencatat sejumlah TBBM dengan penyaluran tertinggi seperti TBBM Jakarta Group, TBBM Kotabaru Group, TBBM Surabaya dan TBBM Balikpapan.

Jika nantinya seluruh terminal sudah menerima nabati potensi penambahan penyaluran B20, Nicke berharap Pertamina dapat mempercepat bauran energi nasional.

“Bila seluruh fasilitas BBM ini telah menerima pasokan FAME, maka potensi penambahan penyaluran B20 akan dapat dilaksanakan secara optimal.

Sehingga Pertamina juga akan berkontribusi untuk mempercepat pelaksanaan peta jalan bauran energi nasional,” ungkap Nicke.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menuturkan sejak penerapan aturan B20 diterapkan per 1 September 2018 tidak akan ada lagi produk B0 di pasaran, dan keseluruhannya berganti dengan B20.

Produk B0 hanya untuk Pertadex atau Diesel Premium.

“Apabila Badan Usaha BBM tidak melakukan pencampuran, dan Badan Usaha BBN tidak dapat memberikan suplai FAME (Fatty Acid Methyl Ester) ke BU BBM akan dikenakan denda yang cukup berat, yaitu Rp. 6.000 perliter,” kata Darmin Nasution di Jakarta (31/8/2018). (tribunnews/iqbal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS