134619 KALI DIBACA

Periksa Status Peserta, KIP Abdya Tunda Tes Wawancara PPS

Periksa Status Peserta, KIP Abdya Tunda Tes Wawancara PPS
Ketua Divisi Sosialisasi SDM dan Partisipasi Masyarakat KIP Abdya, Fakhrul Razi ,ST
example banner

Blangpidie I Realitas – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat Daya (Abdya) menunda jadwal pelaksanaan tes wawancara calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang sudah dinyatakan lulus seleksi ujian tulis sebanyak 912 dari 2.231 peserta yang mengikuti ujian tulis pada Minggu (18/2/2018) lalu.

Penundaan tes wawancara itu didasari dengan surat Panwaslu Kabupaten Abdya, Nomor 12/AC-02/HM.02.00/II/2018 tanggal 19 Februari 2018 perihal himbauan pencermatan rekam jejak calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), PPS dan KPPS Pemilu 2019.

Untuk itu, KIP Abdya membutuhkan waktu untuk melakukan pencermatan terhadap nama-nama calon anggota PPS yang telah dinyatakan lulus ujian tulis dan terindikasi terlibat partai politik dengan mengecek status keanggotaan mereka melalui aplikasi sistem informasi pendaftaran partai politik (SIPOL).

“Tes wawancara kita tunda dulu, karena ada sejumlah calon anggota PPS diduga terlibat dalam kepengurusan partai politik,” kata Ketua Divisi Sosialisasi SDM dan Partisipasi Masyarakat KIP Abdya, Fakhrul Razi ST yang dihubungi Media Realitas, Minggu (25/2/2018) sore.

Menurut Fakhrul Razi, KIP tetap akan melaksanakan tes wawancara sampai persoalan status calon peserta PPS itu selesai dituntaskan,“Setelah kita cek, calon peserta PPS yang terlibat dalam partai politik akan digugurkan dan diganti dengan calon yang memiliki nilai terendah dibawahnya,” sebutnya.

Saat ditanya kapan akan berlansung tes wawancara, Fakhrul Razi belum bisa memastikan waktunya. Pasalnya, mereka masih melakukan pemeriksaan dan selajutnya akan dilakukan rapat dengan sesama komisoner KIP.

“Jadwalnya akan kita tetapkan, tapi saat ini belum bisa dipastikan. Namun tes wawancara itu tetap dilakukan sebelum tanggal 9 Maret 2018. Karena pada waktu itu, PPK dan PPS akan mulai bertugas,” ungkapnya.

Sebelumnya, KIP Abdya telah menetapkan jadwal dan lokasi pelaksanaan tes wawancara untuk calon peserta PPS pada Selasa (27/2/2018), KIP akan tes wawancara calon peserta dari Kecamatan Babahrot di Kantor Camat Babahrot, dari Kuala Batee di Kantor Camat Kuala Batee, sementara dari Jeumpa dan Susoh bertempat di Kantor KIP Abdya.

Kemudian pada hari berikutnya, Rabu (28/2/2018) KIP juga akan tes wawancara peserta dari Kecamatan Blangpidie  dan Setia di Kantor KIP Abdya, sementara dari Kecamatan Tangan-Tangan di Kantor Camat Tangan-Tangan, dari Manggeng di Kantor Camat Manggeng dan dari Lembah Sabil di Kantor Camat Lembah Sabil.

“Berhubung penundaan itu, maka KIP terpaksa akan menjadwalkan kembali waktunya,” demikian Fakhrul Razi.(Syahrizal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS