Sembilan Tahun tidak memiliki Identitas Kafrawi Baru Saat ini Dapat Perhatian Dari Gampong.

oleh -214.579 views
oleh

ACEH TIMUR I MEDIA REALITAS- Kehidupan keluarga Kafrawi (40) dan Mastura (22) sungguh meperihatinkan,Jum’at (19/1/18).

Pasangan tersebut berdomisili di Dusun Syik, Gampong Teupin Drum, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur, tinggal dalam gubuk berukuran kurang-Lebih 1,5 X 5 meter dan kondisinya sangat tidak layak ditempati.

Menurut informasi yang diterima, Kafrawi dan keluarganya sudah tinggal di Gampong Teupin Drum hampir 10 tahun, namun baru satu bulan yang lalu tercatat sebagai Warga gampong yang sah. Pasalnya, Sebelum itu Safrawi tidak pernah mau membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) saat di ingatkan oleh aparatur gampong.

Kafrawi yang tergolong minim akan pendidikan, bahkan bisa dibilang buta huruf tersebut bekerja serabutan dan Ia menafkahi 3 orang anaknya yang masih kecil.

Saat di konfirmasi oleh awak media ini dan juga media lainnya, Keuchik Gampong Teupin Drum Ishak rizal, melalui Kadua (Kepala Dusun) Taufik, dan Munawar, SH sebagai pendamping Desa mengatakan, “Kami sebagai aparatur Gampong selalu mengingatkan Kafrawi untuk melengkapi dokumen Keluarga serta KTP agar tercatat sebagai penduduk Gampong Teupin Drum yang Sah, tetapi tidak di indahnya,” Ujar Taufik pada kamis 18/01/2018 ketika dikonfirmasi oleh media ini disebuah warung kopi di idi

BACA JUGA :  Kejari Banda Aceh Periksa Empat Pj Disdik Terkait Pelaksanaan Pelatihan Guru

Sambungnya, “Biarpun demikian, keluarga kafrawi selalu mendapatkan bantuan berupa Raskin, Posyandu, dan pelayanan Kesehatan lainnya atas kebijakan dari Keuchik.”

Lebih lanjut ” Untuk Program Rumah Rehap tahun 2017, Keuchik Gampong Teupin Drum tidak memberikannya, dikarenakan keluarga Kafrawi tidak memiliki Dokumen yang lengkap, Sehingga Keuchik tidak berani bertanggung jawab untuk hal tersebut ,” Tutup Taufik.

Munawar, SH ikut menjelaskan, “Dalam Anggaran tahun 2018 ini, keluarga Safrawi akan mendapa perhatian yang sama seperti warga kurang mampu lainnya, karena saat ini merasa sudah tercatat sebagai warga Gampong Teupin Drum,” Tutup Pendamping Gampong Teupin Drum tersebut.

BACA JUGA :  Seorang Ojol Diduga Dijebak Oknum Polisi Antar Paket Sabu, Driver Langsung Lapor BNN

Ditempat yang berbeda, kepala dinas sosial M. yasin menyampaikan melalui Sekretaris Dinas Sosial Drs.Tarmidi mengatakan, Pihaknya akan mengambil tindakan cepat untuk membantu keluarga Kafrawi, jika Kafrawi mempunyai tanah sendiri, pihak Dinas Sosial akan mengusahakan supaya keluarga malang tersebut mendapat Rumah yang layak.

Kami akan membantu dalam waktu dekat, kalau keluarga tersebut punya Sertifikat Kepemilikan Tanah atau surat kepemilikan tanah yang ditandatangani Keuchik, Kami akan mengusahakan agar mereka (keluarga Kafrawi -Red) mendapatkan rumah yang layak huni,” UjarNya.

Lanjut Tarmizi, kemarin juga sudah ada Anggota Kami juga sudah turun langsung kelapangan dan memberikan sedikit bantuan tanggap darurat melalui TKSK Rahmat Hidayat (sayed) yang menyerahkan bahan pokok kepada keluarga tersebut diantaranya Bantuan berapa beras satu sak, 5 kggula,2 kg minyak makan, 2 pack Pampers,3 pack biscuit, baju layak pakai,bedak ,minyak kayu putih,dan sabun mandi,untuk bantuan berikutnya nanti akan kita susul kata Drs. Tarmidi. (Hasbi abubakar)