Bupati Aceh Timur Buka Musrembang Gampong Lhok Dalam

oleh -183.579 views

ACEH TIMUR I MEDIA REALITAS – Bupati Aceh Timur, H. Hasballah Bin H.M. Thaib yang akrab disapa Rocky membuka Musyawarah Perencanaan  Pembangunan Desa (Musrembang Desa), Gampong Lhok Dalam Kecamatan Darul Ikhsan, Aceh Timur. Musrembang tersebut dilaksanakan di Menasah Gampong setempat, Rabu (17/1/18).

Dalam sambutan dan arahannya, Bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin H.M. Thaib mengatakan, musrembang Gampong adalah Forum Musyawarah Tahunan para pemangku kepentingan (Stakeholder) Gampong untuk menyepakati  Rencana Kerja Pembangunan Gampong (RKP Gampong) tahun anggaran yang direncakanan,” katanya.

Katanya, Musrembang yang kita laksanakan hari ini merupakan amanat dari Permendagri nomor 114 Tahun 2014, bahwa Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrembang Desa) diselenggarakan oleh kepala desa untuk membahas dan menyepakati rancangan RKP desa sebagai penjabaran rencana pembangunan jangak menengah desa,” terang H. Hasballah.

Melalui musrembang kebutuhan masyarakat yang sifatnya berskala gampong akan dibiayai sumber dana APBG dan kegiatan berskala Kabupaten dilaksanakan oleh kabupaten melalui dana APBK serta skala Provinsi akan dibiayai sumber dana APBA dan berskala nasional akan dibiayai oleh dana APBN,” terang H. Hasballah.

BACA JUGA :  Sudah Dilaporkan Tapi Kasus Ledakan Sumur Minyak Perlak Jalan Ditempat, PPA Minta Ditreskrimsus Polda Aceh Turun Tangan

Lebih lanjut Bupati Aceh Timur meyampaikan, bahwa penggunaan dana gampong harus memberikn manfaat yang sebesar-besarnya dengan memprioritaskan kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat gampong yang bersifat mendesak untuk dilaksanakan serta lebih dibutuhkan dan berhubungan langsung dengan kepentingan sebagian besar masyarakat gampong,” katanya.

Oleh karena itu, diharapkan untuk memprioritaskan dana gampong yakni untuk rehab rumah tidak layak huni bagi masyarakat miskin, bantuan kepada dayah dan balai pengajian sesuai kebutuhannya, rehab insfrastruktur jalan dan perawatanya, pemeliharaan asset gampong.

Bahkan pengembangan perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan pontensi dan sumberdaya yang ada, kegiatan yang bermanfaat bagi penanggulangan kemiskinan masyarakat, membuka lapangan kerja dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) masyarakat serta pengembangan BUMG berdasarkan potensi gampong masing-masing dan kegiatan yang bermanfaat bagi peningkatan kesehatan dan pendidikan serta sosial dasar masyarakat sesuai dengan kewenangan gampong,” ungkap H. Hasballah.

Sebelum mengakhiri sambutan dan arahannya, Bupati Aceh Timur mengharapkan melalui musrembang ini kepada Gampong Lhok Dalam agar dapat merumuskan program-program dan kegiatan kerja sama antar gampong yang berbatas dengan gampong-gampong yang berbatasan langsung. Dengan demikian akan terwujud intergrasi pembagunan antara gampong,” ujarnya.

BACA JUGA :  Ketua YARA Langsa Desak Kapolda Dan Ditreskrimsus Polda Aceh Tangkap Pemilik Tanah Minyak Ilegal Gampong Alur Canang

Kepada para camat saya intruksikan untuk melakukan hal serupa pada musrembang gampong diwilayah kecamatan masing – masing. “Musrembang Gampong adalah ruh pembangunan karena ia merupakan pondasi awal dalam perencanaan pembangunan agar terlihat efektif dan efisien,”demikian pungkas H. Hasballah Bin H.M. Thaib Bupati Aceh Timur.

Pada musrembang gampong Lhok Dalam, Kecamatan darul Ikhsan Kabupaten Aceh Timur, turut dihadiri diantaranya, Dr. Maimun Kepala Bappeda, Drs. Zahri Asisten I pemerintahan setdakab Aceh Timur, para SKPK dilingkungan Pemeritahan Aceh Timur, para camat diwilayah Aceh Timur, para ketua Forum Keuchik dalam Kecamatan setempat serta tokoh agama dan pemuda serta tokoh masyarakat.(HASBI ABUBAKAR)