Puncak Arus Balik Diprediksi Terjadi Hari Ini, Kendaraan Di Gate Kalikangkung Dan Cikampek Meningkat

oleh -32.579 views
Puncak Arus Balik Diprediksi Terjadi Hari Ini, Kendaraan Di Gate Kalikangkung Dan Cikampek Meningkat
Puncak arus balik Idul Fitri 1445 Hijriah diprediksi oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan terjadi pada hari ini, Senin 15 April 2024.

Jakarta | MEDIAREALITAS – Puncak arus balik Idul Fitri 1445 Hijriah diprediksi oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan terjadi pada hari ini, Senin 15 April 2024.

Hal ini menyebabkan peningkatan jumlah kendaraan yang melintasi tol dari GT Kalikangkung ke GT Cikampek Utama.

Menurut Kepala Departemen Pemasaran dan Komunikasi Jasa Marga, Faiza Riani, saat ini terjadi peningkatan jumlah kendaraan dari Trans Jawa menuju Jakarta, namun peningkatannya akan lebih signifikan pada Senin 15 April 2024.

Dia juga menjelaskan bahwa volume lalu lintas kendaraan per jam dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB dari arah timur Trans Jawa dan Bandung di GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama mencapai 102 ribu kendaraan.

“Angka ini naik sebesar 168 persen dari volume lalu lintas normal. Penyebab kepadatan kendaraan ini adalah karena banyaknya warga yang melakukan perjalanan dari Jawa Tengah menuju Jakarta. Hal ini terjadi karena adanya pemberlakuan one way, namun terdapat pertemuan dua arah jalan dari Tol Trans Jawa dengan Tol Cipularang di KM 67 Tol Jakarta-Cikampek,” kata dia yang dikutip dari Antara, Senin 15 April 2024.

Faiza juga mengimbau masyarakat yang memiliki fleksibilitas waktu untuk menunda perjalanan balik ke Jakarta agar tidak terjadi penumpukan kendaraan. Jasa Marga memberikan potongan harga sebesar 20 persen kepada masyarakat yang kembali ke Jabodetabek pada Selasa 16 April dan Rabu 17 April 2024.

Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan untuk memastikan kesiapan sebelum melakukan perjalanan, seperti memastikan saldo e-toll dan BBM yang cukup, serta memeriksa kondisi kendaraan dan pengemudi agar dalam kondisi prima.

Ketika memasuki GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, pengguna jalan diimbau untuk mematuhi rambu dan arahan petugas, karena gangguan kecil pun dapat berdampak pada arus lalu lintas dan menyebabkan antrean kendaraan.

Pada pukul 02.00 WIB, arus lalu lintas dari GT Kalikangkung Jawa Tengah menuju GT Cikampek Utama berjalan dengan aman dan lancar. Namun, terjadi kepadatan karena adanya antrean pengendara yang melakukan tap di gardu GT Cikampek Utama. Jasa Marga telah membuka 28 gardu untuk melayani pemudik yang melakukan tap ini.

Dalam rangka mengatasi kepadatan lalu lintas saat arus balik, Jasa Marga terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jalan.(*)

Sumber: L6