Gempa 6,6 SR Guncang Tanibar Maluku

oleh -261.579 views
oleh
Gempa Guncang Sinabang Aceh
Gempa Guncang Sinabang Aceh. (Ilustrasi)

Jakarta | MEDIAREALITAS – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi berkekuatan 6,6 SR mengguncang Tanibar, Provinsi Maluku, Jumat (22/9/23) malam.

Gempa bumi di Tanibar dilaporkan terjadi sekitar pukul 21.59 WIB, kata Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG saat dikonfirmasi di Jakarta.

Titik koordinat gempa berada pada 7,15 Lintang Selatan (LS) – 129,87 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 240 kilometer. Sedangkan pusat gempa berada 184 kilometer Barat Laut Tanibar.

Ia mengatakan, gempa dirasakan hingga Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara.

Jenis dan Mekanisme Gempa Bumi Berdasarkan letak episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa sekunder.

Gempa ini terjadi akibat adanya deformasi batuan pada lempeng lempeng tersubduksi di bawah Laut Banda, ujarnya.

BMKG menginformasikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 22.25 WIB hasil pemantauan BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan, ujarnya.

Meski demikian, BMKG juga mengimbau masyarakat tetap berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan.

Ia mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Agar terhindar dari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. Periksa dan pastikan bangunan yang anda tempati cukup tahan gempa, atau tidak terjadi kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelumnya. kamu kembali ke rumah,” katanya.

Sumber: antara