“Dana Healing” Desa di Kota Langsa Harus di Efektifkan

oleh -718.579 views
oleh
"Dana Healing" Desa di Kota Langsa Harus di Efektifkan
Aliansi Aktivis Merdeka (ALASKA) ketika melakukan aksi demo di gerbang kantor Wali Kota Langsa, Jumat 10 Maret 2023.

Langsa | MEDIAREALITAS – Aliansi Aktivis Merdeka (ALASKA) menyoroti Laporan Keuangan Beban Perjalanan Dinas “Dana Healing” 66 DESA di Kota Langsa.

ALASKA Menilai ada sebuah Perencanaan sangat tidak bermanfaat bagi masyarakat Kota Langsa pada Laporan Keuangan Desa menjerumuskan perangkat desa kedalam kejahatan terorganisir, kami menyebutnya “Dana Healing”, Ucap Presidium Bidang Pelatihan dan Pembinaan Kader ALASKA, Mirza Maulana, Jum’at (26/5/2023).

Lanjut Mirza, Kenapa Kami menyebutnya itu “Dana Healing”, bagaimana tidak bayangkan saja beban perjalanan dinas di peruntukan sebagian besar melaksanakan BIMTEK yang diadakan Lembaga tertentu ke luar daerah.

ALASKA menduga ada indikasi kejahatan terorganisir dalam pelaksanaan BIMTEK 66 Desa se-kota Langsa, ujar Mirza.

Ia juga mengutarakan, dimulai dari Lokasinya diluar daerah, kemudian pemungutan registrasi menimbulkan kecurigaan karena dugaan indikasi dana desa ini menjadi lumbung Lahan sehat siap di panen, lalu adanya cashback bervariasi satu jutaan dari registrasi kegiatan tersebut, bahkan ketika pelaksanaan di lokasi juga tersedia BAR MINI yang dapat diperuntukan untuk menghilangkan penat peserta kegiatan.

ALASKA meminta kepada Pj Walikota Langsa mengevaluasi DPMG secara tegas, serta segera menghentikan BIMTEK yang akan diselenggarakan pada 18 Juni 2023 di Sabang.

Kami meminta dana Perjalanan Dinas itu dapat dialihkan ataupun di peruntukkan kepada kegiatan yang lebih bermanfaat bagi masyarakat se-kota langsa, tutup Mirza. (red)