IKLAN YARA

Kapolres Bersama Jajaran Pemda Simeulue Selamatkan Telur Penyu

oleh -46.489 views
Kapolres Bersama Jajaran Pemda Simeulue Selamatkan Telur Penyu
UPDATE CORONA

Simeulue I Realitas – Kapolres Simeulue AKBP, Pandji Santoso, SIK, MSi bersama jajaran Pemda Simeulue kadis Lingkungan Hidup, Salmarita,ST,.M,AP Kadis Perhubungan, Mulyawan Rohas,SP, dan Sekdis DKP, Carles, STPi, M.Si dipulau Mincau melaksanakan penanaman telur penyu kehabitatnya. (27/10/2021).

Kapolres Simeulue selamatkan telur penyu dari tangan pedagang ilegal dan dikembalikan lagi kehabitatnya ke Pulau Mincau salah pulau terpencil diKabupaten Simeulue.

Telur Penyu tersebut yang berhasil disita oleh Satreskrim polres Simeulue dari tangan salah seorang Pedagang bahu jalan diseputaran pinggir jalan di Kota Sinabang Kecamatan Simeulue Timur beberapa hari yang lalu.

BACA JUGA :   Dedi Sahputra Terima Aduan Masyarakat Ada Perusahaan Perkebunan Sawit Rambah Hutan Lindung Kota Langsa

Acara penanaman telur penyu di pulau mincau, dihadiri Ibu ketua Bhayangkari Simeulue dan ibu-ibu Bhayangkari Beserta jajaran polres Simeulue turut hadir, Kasat Narkoba, Kasat Sabara, Kasat Intelkam, Kasat Reskrim, dan Kapolsek Kecamatan Teupah Barat, unsur masyarakat serta Panglima Laut Teupah Barat.

Kata Pandji Santoso ”Penyu dan telur nya harus diselamatkan dan harus dijaga bersama kelestariannya dari kepunahan diseputaran perairan laut simeulue, karna hewan laut tersebut sudah Langka ditemui, kini keberlangsungan hidup penyu sangat dilindungi.

Telur penyu yang diselamatkan itu ada sebanyak 90 butir, muda mudahan telur penyu tersebut dapat berkembang biak kembali di habitatnya, Imbuh Pandji.

BACA JUGA :   Ini Pernyataan Polda Aceh, Terkait Dugaan Penganiayaan Tahanan

Lanjut Pandji mengatakan, Penyu tersebut termasuk satwa yang di Lindungi telah diatur dalam Undang -Undang Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistemnya,

“Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan Dan Satwa, dan Surat Edaran Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 526/MEN-KP/VIII/2015 tentang Pelaksanaan Perlindungan Penyu, Telur, Bagian Tubuh, dan/atau Produk Turunannya.

Kapolres Simeulue mengingatkan kepada masyarakat Simeulue, marilah sama-sama kita jaga kelestarian lingkungan sekitar kita, karna alam dan isinya bertujuan untuk kita bersama sampai ke anak cucu dan harus tetap dijaga bersama, namun apabila masih ada yang terdapat mengambil dan memperjual belikan telur Penyu, pasti akan berhadapan dengan Hukum,” tegas nya Pandji santoso, Penyu merupakan organisme ikonik hidup di perairan laut.

BACA JUGA :   Youtuber Langsa Dicambuk 17 Kali, Hampir Pingsan Dengan 9 Cambukan

Hal tersebut dikarenakan hanya ada 7 spesies penyu yang ada di dunia.

Penyu merupakan reptil laut seperti kura-kura yang mampu menjelajah dunia dengan ke empat sirip kakinya. Indonesia menjadi salah satu habitat bertelur 6 penyu dari 7 penyu yang ada di dunia. (Zulfadli)