IKLAN YARA

Pemko Dukung Serbuan Vaksinasi Paguyuban Horas Bangsa Batak Riau

oleh -99.489 views
Pemko Dukung Serbuan Vaksinasi Paguyuban Horas Bangsa Batak Riau
UPDATE CORONA

Pekanbaru I Realitas – Pemerintah kota (Pemko) Pekanbaru sangat mengapresiasikan upaya peran lembaga organisasi sosial dalam menyukseskan program vaksinasi yang akan diberikan kepada masyarakat.

Hal ini dikatakan oleh Walikota Pekanbaru melalui Kadis Damkar Pekanbaru Burhan Gurning ketika membuka kegiatan serbuan vaksinasi kepada 1000 masyarakat yang ditaja oleh DPD Horas Bangsa Batak Provinsi Riau dan DPC kota Pekanbaru.

“Kami atas nama pemerintah Pekanbaru mengucapkan terimakasih kepada paguyuban Horas Bangsa Batak yang telah membantu pemerintah melancarkan dan mendukung program vaksinasi,” ujar Gurning.

Menurutnya, langkah pencegahan penyebaran wabah Covid-19 selain tetap menjalankan protokol kesehatan, upaya pemberian vaksin dapat memberikan kekebalan imun tubuh atau herd immunity terhadap serangan berbagai virus penyakit.

“Namun, perlu disampaikan juga kepada masyarakat yang telah mendapatkan vaksin agar selalu tetap menerapkan protokol kesehatan dengan pola 5M yaitu Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi,” Pesan Gurning.

BACA JUGA :   Revisi UU ITE dan 3 RUU Lain Disepakati Masuk Prolegnas Prioritas 2021

Adapun sampai saat ini, menurut Gurning jumlah penduduk kota Pekanbaru yang berkisar lebih kurang 1 juta jiwa, masih sekitar 40 persen yang sudah diberikan vaksin.

“Target yang kita tetapkan sebanyak 70% penduduk kota Pekanbaru wajib divaksin, maka kami berharap kepada seluruh elemen masyarakat untuk dapat mendukung sepenuhnya program vaksinasi,” tutup Burhan Gurning.

Sementara itu, Ketua DPD Horas Bangsa Batak Provinsi Riau Patar Siahaan SH mengatakan sebagai salah satu wadah organisasi kemasyarakatan wajib bekerja sama dengan pemerintah dalam memberikan pelayanan masyarakat maupun mendukung program-program kerjanya.

“Melalui kegiatan vaksinasi ini, kita berupaya ikut andil memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dimasa pandemi Covid-19 ini.

BACA JUGA :   Polisi Kembangkan Penangkapan Perampok Toko Emas di Medan

Hal ini merupakan bentuk kepedulian kita sebagai organisasi sosial dalam mendukung program dari pemerintah dengan sosialisasi tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan ditengah-tengah lingkungan masyarakat,” ujar Patar.

Ditempat yang sama Praeses Distrik XXII Riau Pdt Hantus Hutapea STH, MM mengatakan bahwa juga selalu mendukung upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19 yang sangat mengkhawatirkan kesehatan masyarakat.

“Selama ini kita telah aktif menghimbau jemaat kita agar mentaati arahan dari pemerintah tentang penegakan disiplin protokol kesehatan selama pelaksanaan PPKM berlangsung.

Dan kita juga bersyukur telah diberikan kesempatan oleh pemerintah kota Pekanbaru untuk melakukan kegiatan vaksinasi di Gereja HKPB ini,” ujar Pdt Hantus.

Ia juga sangat mengapresiasikan upaya kepedulian dari Organisasi paguyuban Horas Bangsa Batak Provinsi Riau telah memperhatikan kebutuhan kesehatan bagi masyarakat dengan memberikan vaksinasi secara massal.

BACA JUGA :   Presiden RI Tinggalkan Aceh Diantar Pejabat Forkopimda Aceh

“Kami berharap juga langkah ini bisa dicontoh oleh organisasi-organisasi paguyuban lainnya dalam memperhatikan masyarakat khususnya di kota Pekanbaru, tanpa melihat latar belakang agama, suku, dan budaya masing-masing,” sebut Pdt Hantus.

Terkait pembatasan beribadah selama masa PPKM, Pdt Hantus menyebutkan bahwa gereja-gereja HKBP yang ada diseluruh Provinsi Riau telah menyepakati bersama untuk mendukung dan mentaati aturan dari pemerintah sesuai ketetapan yang berlaku.

“Kita bersama telah menekan kepada pengurus gereja HKBP diseluruh Provinsi Riau khususnya di kota Pekanbaru agar pelaksanaan peribadatan dan kegiatan-kegiatan budaya yang sering dilakukan, memutuskan untuk tetap mentaati himbauan dari pemerintah setempat.

Dan selama masa PPKM, kita sarankan untuk menjalankan ibadah di rumah jemaat masing-masing,” tutup Praeses Distrik XXII Riau. *(mirza)