IKLAN YARA

Kemenag Siapkan Rp15 M untuk Rumah Ibadah dan Sekolah Buddha

oleh -25.489 views
Kemenag Siapkan Rp15 M untuk Rumah Ibadah dan Sekolah Buddha
Kemenag Siapkan Rp15 M untuk Rumah Ibadah dan Sekolah Buddha
UPDATE CORONA

Jakarta I Realitas – Kementerian Agama (Kemenag) tahun ini menyiapkan anggaran Rp 15 miliar untuk bantuan pembangunan rumah ibadah dan sekolah agama Buddha atau Nawa Dhammasekha atau setingkat Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD. 

Jumlah nominal itu terdiri atas Rp 11,875 miliar untuk rumah ibadah, dan nominal Rp 3,25 miliar untuk pembangunan sekolah Nawa Dhammasekha.

BACA JUGA :   Webinar via Zoom, Tema Aspek Hukum Media Massa Cetak dan Online

“Tahun ini kita alokasikan anggaran bantuan, sebanyak Rp11,875 miliar untuk rumah ibadah dan Rp3,25 miliar untuk Nawa Dhammasekha,” ujar Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Buddha Caliadi melalui keterangan tertulisnya pada hari Selasa (14/9/2021) kemarin.

Menurut Dirjen Bimas Buddha, bantuan rumah ibadah agama Buddha (RIAB), dia siapkan untuk empat program. Pertama, sertifikasi tanah untuk 23 RIAB di 7 provinsi di Indonesia. 

BACA JUGA :   Jokowi Resmikan Pabrik Baja dan Tinjau Vaksinasi di Banten

Kedua, dialokasikan untuk rehabilitasi/renovasi 100 RIAB di 31 Provinsi.

Ketiga, disalurkan untuk menunjang program RIAB bersih dan sehat pada 241 RIAB di 29 Provinsi.

Keempat, pembangunan empat RIAB pada 4 Provinsi lainnya.

“Jadi secara nasional program ini untuk 368 Rumah Ibadah Agama Buddha,” jelas Caliadi.

Sementara untuk pembangunan sekolah Nawa Dhammasekha, lanjut Caliadi, Ditjen Bimas Buddha akan menyiapkan Rp3,250 miliar untuk penguatan sarana prasarana 25 sekolah.

BACA JUGA :   Tambang Pasir Ilegal di Batas Roteng, Panbar Berpotensi Munculkan Konflik

Lalu untuk pembangunan gedung tiga sekolah, fasilitasi akreditasi untuk tujuh sekolah, serta BOS untuk 750 siswa sekolah.

“Ini kami siapkan dalam rangka mendukung dan menunjang Program Pendidikan Keagamaan Buddha Nava Dhammasekha,” pungkas Caliadi. (*)

Source