IKLAN YARA

Centre Penanggulangan Covid-19 Payung Sekaki Diresmikan

oleh -80.489 views
Centre Penanggulangan Covid-19 Payung Sekaki Diresmikan, Upaya Melayani Masyarakat Ditengah Pandemi
Centre Penanggulangan Covid-19 Payung Sekaki Diresmikan, Upaya Melayani Masyarakat Ditengah Pandemi
UPDATE CORONA

Pekanbaru I Realitas – Tingginya angka penyebaran wabah Covid-19 di sebagian wilayah kota Pekanbaru merupakan suatu permasalahan yang perlu disiasati bersama baik pemerintah, TNI-Polri, maupun organisasi kemasyarakatan lainnya.

Dalam hal ini Pemerintah Kecamatan Payung Sekaki bersama Polsek Payung Sekaki mengandeng komunitas kemanusiaan yakni relawan Jumat Barokah mendirikan posko centre penanggulangan Covid-19.

Hal ini merupakan salah satu upaya dalam mencegah dan menekan penyebaran Covid-19 ditengah-tengah masyarakat khususnya dilingkungan Kecamatan Payung Sekaki sehingga nantinya situasi dapat pulih kembali.

Pada kesempatan tersebut, Kapolsek Payung Sekaki AKP Agung mengatakan gagasan dan ide pembuatan posko centre penanggulangan Covid-19 adalah merupakan instruksi dari Kapolri agar dapat mendirikan gerai-gerai vaksin dilingkungan Polsek, Polres, maupun Polda.

“Posko centre penanggulangan Covid-19 ini sengaja kita carikan lokasinya disini, mengingat di Mapolsek kita tempatnya belum ready karena kapasitas terbatas,” ujar Kapolsek.

Selama ini untuk mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19 menurut Kapolsek Agung telah melakukan beberapa langkah dan upaya dengan mengerakkan tim dan unitnya yang selalu bekerja sama.

BACA JUGA :   Massa Aliansi BEM SI Geruduk KPK

“Yang pertama kita memiliki tim unit pendataan, pelaporan, dan analisa serta evaluasi. Kedua tim unit 5M, yang bertugas memberikan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat tentang penerapan protokol kesehatan serta menegakan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Ketiga tim unit 3T melaksanakan Tracing, Testing, serta Treatment. Dalam menjalankan tugas unit ini kita dari Polsek bekerja sama dengan unsur pemerintah, pihak puskesmas dan dibantu juga oleh relawan Jumat Barokah,” jelas Kapolsek seraya mengatakan selanjutnya terdapat juga tim unit vaksin dan donor darah.

“Hingga saat ini kami sangat bersyukur sekali dengan adanya kerja sama ini. Suatu sinergitas tersebut tentunya membutuhkan komunikasi, kolaborasi, dan koordinasi yang dilakukan dengan baik,” tambahnya.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis (19/08/21) sore tersebut, selain peresmian posko centre penanggulangan Covid-19 juga terdapat rangkaian acara vaksinasi Covid-19 secara gratis dan pembagian sembako yang akan diberikan kepada masyarakat dilingkungan sekitar.

Untuk diketahui pada rangkaian kegiatan tersebut terdapat sebanyak 50 vial untuk 500 dosis Vaksin yang akan disimpan di gerai vaksin presisi Polsek Payung Sekaki dengan menggunakan kontainer baja yang sudah dimodifikasi sehingga bisa dipindahkan tempatnya.

BACA JUGA :   Tanggapan Pengamat Soal Pembangunan Ibu Kota Baru Dimasa Pandemi

Sementara itu, Camat Payung Sekaki Fauzan S.STP M.Si membenarkan bahwa sinergitas antara pemerintah kecamatan dengan TNI-Polri telah terbina dan terbangun dengan baik.

“Sinergitas ini merupakan hikmah dari pandemi Covid-19, karena dengan situasi saat ini kita diajak untuk saling peduli dan saling berbagi. Maka dengan kepedulian kita semua dapat meringankan beban masyarakat ditengah masa-masa yang sulit ini,” ujar Camat Fauzan.

Terkait pelaksanaan pemberian vaksinasi Covid-19 di wilayah Payung Sekaki, Camat Fauzan mengatakan bahwa target yang ditetapkan oleh pemerintah berjalan dengan maksimal, mengingat antusias masyarakat untuk mendapatkan vaksin cukup tinggi.

“Animo masyarakat cukup tinggi, hal ini diketahui dari laporan para Lurah-lurah maupun pihak puskesmas terkait pertanyaan masyarakat mengenai jadwal vaksinasi setiap harinya. Maka kami atas nama masyarakat memohon kepada Bapak Kapolresta Pekanbaru agar bisa ditambah ketersediaan dosis vaksin Covid-19 khususnya dilingkungan Payung Sekaki,” ujar Camat Fauzan.

BACA JUGA :   Polis Siapkan Tes Antigen Bagi Demonstran di KPK

Di tempat yang sama Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Dr. Pria Budi S.I.K MH yang disampaikan oleh Kasat Binmas Polresta Pekanbaru Kompol Ferizal mengatakan dengan dibangunnya posko centre penanggulangan Covid-19 dan gerai vaksin presisi tersebut diharapkan mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam menekan perkembangan kasus Covid-19 di wilayah Kecamatan Payung Sekaki.

“Kita berharap juga upaya ini dapat dijadikan contoh oleh Kecamatan lainnya yang ada di kota Pekanbaru. Sehingga masyarakat-masyarakat yang terdampak Covid-19 dapat terbantu,” sebut Kasat Binmas Polresta Pekanbaru.

“Terkait usulan penambahan vaksin Covid-19 diwilayah Payung Sekaki, nanti akan kita sampaikan kepada pimpinan. Untuk diketahui nanti akan ada vaksin yang diturunkan ke Polresta Pekanbaru maka akan dibagi kepada sepuluh Polsek yang ada sesuai kebutuhan per wilayahnya,” tutupnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan pita pemakaian gerai vaksin presisi, peninjauan vaksinasi dan pemberian sembako kepada perwakilan Lurah di Kecamatan Payung Sekaki untuk diberikan langsung kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. (Mirza)