IKLAN YARA

Korban Tewas Terakhir dari Runtuhnya Kondominium di Florida Capai 98

oleh -111.489 views
UPDATE CORONA

Florida I Realitas – Jenazah orang terakhir yang masih terdaftar sebagai orang hilang dalam runtuhnya menara kondominium Florida pada 24 Juni telah ditemukan dan diidentifikasi.

Jumlah korban tewas yang dikonfirmasi menjadi 98, kata pejabat Miami-Dade County, Senin (26/7/2021).

Sisa-sisa korban terakhir, Estelle Hedaya, 54, ditemukan oleh tim pencari pada 20 Juli, dan pemeriksa medis telah bekerja sejak saat itu untuk mengidentifikasi dia secara positif sebelum membuat pengumuman Senin, kata pihak berwenang pada konferensi pers.

Pencarian sepanjang waktu oleh pemadam kebakaran Miami-Dade untuk mencari korban tambahan di lokasi tepi pantai kondominium Champlain Towers South, di pinggiran kota Miami, Surfside, didemobilisasi Jumat lalu.

BACA JUGA :   Mengaku Sebagai Polisi, Tiga Pelaku Pemeras Warga Diringkus Petugas

Walikota Miami-Dade County Daniella Levine Cava menyebut operasi pencarian dan penyelamatan gabungan dan upaya untuk menemukan dan mengidentifikasi korban bencana Surfside “tanggapan darurat non-badai terbesar dalam sejarah negara bagian kita.”

“Hari ini saya dapat melaporkan, karena upaya heroik yang berkelanjutan, orang hilang terakhir yang tersisa sekarang telah dipertanggungjawabkan dan diidentifikasi dan keluarga diberitahu,” kata walikota.

“Melalui upaya tak kenal lelah ini, kami setidaknya dapat menutup semua orang yang melaporkan kehilangan orang yang dicintai.”

Korban tewas yang dikonfirmasi terdiri dari 97 korban tewas langsung ketika bangunan runtuh pada dini hari 24 Juni saat warga tidur, dan satu korban yang meninggal saat dirawat di rumah sakit.

BACA JUGA :   Paman dan Keponakan Tewas Tenggelam di Tanjung Gerem Cilegon

Tidak ada yang ditarik hidup-hidup dari gundukan beton yang dihancurkan, serpihan kayu dan logam bengkok sejak dini hari setelah keruntuhan 33 hari yang lalu, dan pihak berwenang secara resmi putus asa untuk menemukan lebih banyak korban selamat pada 7 Juli.

Meskipun sisa-sisa semua orang yang diyakini telah terperangkap di puing-puing telah ditemukan, polisi akan terus menyaring puing-puing untuk sisa-sisa tambahan dari mereka yang meninggal dan untuk barang-barang pribadi untuk dikembalikan ke orang yang dicintai, kata Levine Cava.

Pencarian barang-barang terus dilakukan melalui puing-puing yang tersisa ketika setengah dari bangunan runtuh dengan sendirinya.

BACA JUGA :   Polisi Ungkap Kasus Penyadapan ATM Sebanyak Rp 17 Miliar

Serta melalui puing-puing dari bagian gedung yang awalnya dibiarkan berdiri tetapi kemudian dihancurkan, kata direktur Departemen Kepolisian Miami-Dade Alfred Ramirez kepada wartawan.

Pihak berwenang mengatakan mereka masih mengumpulkan bukti untuk penyelidikan apa yang memicu keruntuhan.

Sementara penyebabnya masih belum ditentukan, laporan teknik 2018 menemukan kekurangan struktural yang sekarang menjadi fokus dari beberapa penyelidikan, termasuk penyelidikan dewan juri. Baca selengkapnya

Bencana tersebut telah mendorong para pejabat di seluruh Florida Selatan untuk mempelajari bangunan tempat tinggal untuk tanda-tanda konstruksi yang buruk atau kelemahan struktural. (*)

Sumber: Reuters