Ini Cara Ucita Pohan Menghadapi Body Shaming

oleh -92.489 views
Ini Cara Ucita Pohan Menghadapi Body Shaming

IDUL FITRI

MEDIAREALITAS.COM – Ini Cara Ucita Pohan Menghadapi Body Shaming, Perempuan yang akrab dipanggil Uchiet ini kerap menyampaikan pesan kepada perempuan-perempuan bertubuh plus size bahwa mereka tetap berharga kendati pun dianggap tidak sesuai dengan standar kecantikan yang berlaku di masyarakat. 

Kepercayaan diri Uchiet pun telah menginspirasi banyak perempuan untuk seperti dirinya.

Namun tahukah Kawan Puan, bahwa untuk bisa sampai ke posisi seperti saat ini, Ucita Pohan juga pernah menghadapi jalan yang panjang menghadapi body shaming dan segala cemoohan yang membuatnya terpuruk. 

“Aku dari dulu memang tidak pernah berada di posisi memiliki tubuh yang kurus, jadi dari kecil I’m chubby girl sehingga saat itu juga aku sadar kalau bentuk tubuh aku tidak sesuai dengan usia,” tuturnya saat dihubungi PARAPUAN.

Perasaan berbeda dari orang lain ini membuat Uchiet merasa tidak semenarik dan secantik orang lain dan berdasarkan ceritanya hal ini sudah dirasakan sejak kecil, di bangku sekolah dasar (SD).

“Aku waktu SD kalau diejek gitu pasti sedih, namun perlahan hal itu membaik saat menjelang SMP berkat aku yang saat itu memiliki bacaan tentang empowering, sehingga membuat aku merasa punya kekuatan untuk membalas omongan negatif dari lingkungan,” jelasnya.

Memasuki fase remaja dengan bacaan tersebut, Uchiet pun belajar bahwa ia sebenarnya bisa untuk membalas omongan orang-orang yang mencemoohnya dan ia pun mencoba melakukan itu.

“Saat itu aku merasa bisa talk back omongan mereka, jadi aku coba balas terus setiap ada yang ngeledek gitu,” cerita Uchiet.

Meski terlihat dapat memuaskan batin, namun hal ini tidak berlangsung lama dilakukan oleh Uchiet.

“Tapi cara membalas omongan orang itu enggak berlangsung lama, karena aku merasa capek harus terus balas omongannya dan lama kelamaan aku juga merasa enggak enak buat berlaku seperti itu,” tambahnya lagi.

Semakin dewasa, Uchiet pun memilih untuk membiarkan dan tidak merespon apapun omongan negatif dari lingkungan sekitarnya.

“Karena aku merasa capek tadi, aku pun memilih untuk cuekin aja setiap omongan orang, kalau ada yang ngomong enggak enak, ya aku diemin aja,” jelasnya.

UPDATE CORONA