Reshuffle Kabinet Diumumkan Besok Rabu 21 April 2021

oleh -133.489 views

IDUL FITRI

Jakarta I Realitas – Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju jilid II masih ditunggu khalayak seantero Tanah Air.

Besok, 21 April 2021 adalah Rabu Pahing, hari Pasaran Jawa yang kerap digunakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengumumkan reshuffle kabinet.

REALITAS TV

Terkait reshuffle jilid II kepemimpinan Jokowi periode 2019-2024, awalnya disebut-sebut akan dilakukan pekan kemarin. Namun reshuffle tak kunjung diumumkan hingga berganti pekan.

Jika merujuk hari Pasaran Jawa, Rabu pekan lalu, 14 April 2021, adalah Rabu Kliwon. Presiden Jokowi memang tidak pernah mengumumkan reshuffle kabinet pada Rabu Kliwon.

Mulai dari kepemimpinan periode pertama, 2014-2019, setidaknya ada dua hari yang menjadi momentum Presiden Jokowi mengumumkan reshuffle, yakni Rabu Pahing dan Rabu Pon.

Dari lima kali reshuffle kabinet Jokowi, empat reshuffle dilakukan pada periode 2014-2019, sisanya periode sekarang.

BACA JUGA :   Gubernur Riau Didampingi Kapolda Tinjau Pos Peniadaan Mudik di Perbatasan Riau Wilayah Kampar

Reshuffle pertama Jokowi diumumkan tepat pada Rabu Pon, 12 Agustus 2015. Reshuffle kedua juga dilakukan pada Rabu Pon, tepatnya pada 27 Juli 2016.

Dua tahun kemudian, Kabinet Kerja kembali dirombak. Reshuffle ini kala itu bertepatan dengan tahun politik Pilkada 2018. Pada 17 Januari 2018, Jokowi melantik menteri baru. Momentum reshuffle kabinet jilid III ini bertepatan dengan Rabu Pahing.

Beberapa bulan kemudian Jokowi kembali melakukan reshuffle kabinet. Kala itu, reshuffle dilakukan pada Rabu Pahing, 15 Agustus 2018.

Periode kedua memimpin, Jokowi me-reshuffle kabinetnya. Saat itu, Jokowi memperkenalkan 6 menteri barunya pada 22 Desember 2020 yang jatuh pada Selasa Pahing. Namun pelantikannya digelar pada Rabu Pon, 23 Desember 2020.

Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabali angkat bicara. Ngabalin meyakini reshuffle akan diumumkan tak lama lagi, meski pernyataannya yang menyebut reshuffle dilakukan pekan kemarin meleset.

BACA JUGA :   Kunjungi Korban Banjir, Duta Wanita BKSS Serahkan Bantuan

“Tunggu aja, sebentar lagi. Nggak lama lagi, insyaallah,” kata Ngabalin saat dihubungi, Selasa (20/4/2021).

Terkait anggota kabinet yang di-reshuffle, informasi yang diterima wartawan, Senin (19/4/2021), ada enam menteri yang sedang dikaji untuk di-reshuffle. Selain itu, ada satu kepala badan yang sedang dipertimbangkan Jokowi untuk diganti.

Enam posisi menteri tersebut termasuk posisi puncak di Kemendikbud-Ristek dan Kementerian Investasi. Namun soal nama-nama yang dipertimbangkan untuk diganti masih samar.

Soal kandidat menteri baru, sejauh ini ada dua orang yang secara terbuka mengakui dipanggil Istana di tengah isu reshuffle, yaitu anggota DPR Fraksi NasDem Rapsel Ali dan tokoh muda NU Witjaksono.

BACA JUGA :   Pimpinan Daerah GNPK-RI Soroti Anggaran Covid-19 di Kab Pelalawan

Keduanya dikabarkan menjadi kandidat Menteri Investasi. Namun berembus juga kabar Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menjadi salah seorang kandidat.

Selain itu, seperti yang sudah diketahui, elite PKB Luqman Hakim, partai koalisi pemerintah, menyebut menteri yang bakal di-reshuffle berinisial M.

Setidaknya ada empat anggota kabinet yang inisialnya M, yakni Menko Polhukam Mahfud Md, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko.

Kemudian spekulasi PAN masuk koalisi. Spekulasi ini sejalan dengan informasi inisial anggota kabinet yang akan di-reshuffle.

PAN disebut akan mengisi pos Menko PMK atau Menteri Perhubungan (Menhub). Menko PMK kini dijabat Muhadjir Effendy, sedangkan Menhub diemban Budi Karya Sumadi. (*)

Sumber: Dtc

UPDATE CORONA