20 Siswa Tewas Dalam Kebakaran Sekolah di Niger

oleh -170.489 views
Foto: Api hanguskan bangunan sekolah yang terbuat dari kayu di Ibu Kota Niamey pada Selasa kemarin.

IDUL FITRI

NIAMEY I Realitas – Kebakaran terjadi di sebuah sekolah di Niger pada Selasa waktu setempat. Sebanyak 20 anak prasekolah tewas dalam kebakaran itu.

Dilansir AFP, Rabu (14/4/2021) anak yang menjadi korban kebakaran itu berusia antara tiga hingga 5 tahun. Api menghanguskan bangunan yang terbuat dari kayu dan jerami di daerah miskin Ibu Kota Niamey pada Selasa kemarin.

REALITAS TV

Sambil mengusap air mata dengan kerudungnya, kepala sekolah, Habiba Gaya mengatakan kepada AFP bahwa seluruh Niger berada dalam ‘duka total’.

“Anak-anak kecil, orang tak berdosa, benar-benar dibakar hidup-hidup dalam api ini,” katanya, menjelaskan bahwa sementara anak-anak yang lebih besar bisa keluar, mereka yang berusia 5 tahun ke bawah tidak. “Mereka masih kecil jadi mereka tidak bisa lari,”.

BACA JUGA :   Nasrun Umar Resmi Dilantik Sebagai Penjabat Bupati Muara Enim

Hanya sisa-sisa meja dan lembaran logam yang masih terlihat di antara puing-puing. Buku-buku hangus, kotak pensil, dan ransel berserakan di antara abu.

“Api terbawa angin dari ruang kelas ke ruang kelas,” kata Balaraba Ibrahim yang tinggal di dekat sekolah itu. Keponakannya yang berusia 5 tahun, Yasmina, tewas dalam kebakaran itu.

BACA JUGA :   Kasus Covid-19 di Kota Langsa Mengalami Penurunan

“Dia telah pulang dan kemudian dia kembali ke sekolah. Seolah-olah dia sedang menjawab panggilan kematian,” kata Ibrahim.

Niger, yang menjadi salah satu negara termiskin di dunia menempati urutan bawah terkait Indeks Pembangunan Manusia PBB dari total 189 negara. Kondisi sekolah di sana sering kali berupa gubuk sementara di mana anak-anak terkadang duduk di lantai.

Ibu dari korban lainnya terlihat terduduk di dekat ruang kelas. Dia mengatakan musibah ini merupakan cobaan dari Tuhan. “Allah ingin ini terjadi dan tidak ada yang bisa kami lakukan untuk itu,” katanya sambil memegang tasbih.

BACA JUGA :   Kapolri dan Panglima Tinjau Pelaksanaan Operasi Ketupat Maung 2021 di Merak

Tragedi itu terjadi di lingkungan miskin ‘Pays-Bas’ yang dibangun di bekas tambang tanah liat dekat bandara Niamey. Belum diketahui penyebab dari kebakaran ini. Petugas keamanan telah memblokir tempat kejadian sementara penyidik mencari bukti. (*)

UPDATE CORONA