Upaya Polres Tanjab Barat Cegah Karhutla Hingga Sambang Bermalam Dirumah Warga di Pengabuan

oleh -123.489 views
Upaya Polres

IDUL FITRI

Jambi Media Realitas.com – Upaya Polres Tanjab Barat Cegah Karhutla hingga Sambang Bermalam Dirumah Warga di Pengabuan.

Polda Jambi melalui Polres Tanjab Barat terus melakukan upaya edukasi kepada masyarakat agar tidak membuka lahan untuk berkebun dengan tidak membakar sehingga tidak terjadi nya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

REALITAS TV

Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulia Prianto mengatakan, dalam upaya pencegahan Karhutla itu.

Kali ini Kapolres Tanjab Barat, AKBP Guntur Saputro bersama anggota kembali menggelar upaya kunci mitigasi Karhutla dengan motto polisi membumi sambang lokasi kelompok Pak Janggut, Jum’at (5/3/2021).

Sekaligus peninjauan hasil formula pengolahan tanah lahan gambut dan edukasi membuka lahan ramah lingkungan dengan tidak membakar lahan di Rt. 05 Ujung Jadam Desa. Sungai Baung Kecamatan. Pengabuan.

“Tujuan dari kegiatan sambang dan bermalam sebagai bentuk pendekatan membumi guna mengevaluasi sejauh mana Mindset budaya membakar yang sudah berubah serta mendengarkan keluhan dari anggota kelompok terkait masalah serta hambatan para petani ini,” ujarnya.

Menurutnya, program ini juga memberikan edukasi cara pembuatan pupuk kompos sebagai kearifan lokal yang dilestarikan dan proses penyuburan tanah lahan gambut sebagai alternatif agar tidak membakar lahan dan pemanfaatan hasil limbah lahan bernilai guna, bermanfaat dan menyuburkan lahan sehingga ada nilai ekonomis.

“Pok Pak Janggut dan 22 pengikutnya sepakat menghilangkan budaya buka lahan dengan membakar karena hal tersebut membuat tanah tidak subur serta melanggar hukum,” jelasnya.

Sebelumnya dalam kegiatan itu, Kapolres Tanjab Barat, AKBP Guntur Saputro bersama rombongan juga menyalurkan bantuan sosial dan obat kepada H. Palilek Als Pak Janggut, mulai dari 2 buah Caps penyemprot hama, Senter, Obat-obatan dan Vitamin.

8 botol madu hasil ternak lebah,, sembako, Bibit Cabe, bibit tomat, bibit jagung, Masker, perlengkapan pembuatan pupuk kompos sebagai kearifan lokal solusi permanen cegah Karhutla (mengubah limbah tanaman menjadi pupuk).

Kemudian, Polres Tanjab Barat bersama Petani meninjau hasil olah lahan dan menanam bibit kacang, memberdayakan Sarpras Polri Chain Saw untuk memotong ranting pohon yang tumbang serta mengedukasi memanfaatkan limbah lahan gambut yang ada di lokasi diolah dengan cara mudah menjadi pupuk kompos.

Selanjutnya, Polres Tanjab Barat bersama rombongan juga memasak dan makan bersama di pondok H. Palilek Als Pak Janggut. (*)

UPDATE CORONA