Indonesia-Jepang Sepakati Kerja Sama Soal Transfer Alutsista

oleh -88.489 views
Indonesia Jepang 
Foto File: Dok.KPS/ Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menggelar pertemuan dengan Menhan Jepang Nobuo Kishi di Tokyo, Jepang, pada Minggu (28/3/2021).

IDUL FITRI

Jakarta I Realitas – Indonesia dan Jepang disebut akan menyepakati kerja sama terkait transfer alat utama sistem persenjataan (alutsista) dan teknologi dalam waktu dekat.

Kesepakatan itu kemungkinan akan terealisasi dalam pertemuan antara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi dan Menteri Pertahanan Nobuo Kishi di Tokyo, Selasa (30/3/2021) sore waktu setempat.

REALITAS TV

“Kesepakatan transfer alutsista dan teknologi tersebut pada prinsipnya akan disepakati pada saat para menteri luar negeri dan pertahanan Jepang dan Indonesia bertemu di Tokyo pada sore hari,” dikutip dari Kyodo News, Selasa (30/3/2021).

BACA JUGA :   KKB Serang Warga Sipil Yang Tidak Berdosa di Papua

Sebelum pertemuan, Retno dan Prabowo lebih dahulu bertemu Perdana Menteri Yoshihide Suga, sekitar pukul 10.40 waktu setempat.

Suga berharap pertemuan itu dapat melahirkan pakta yang menjadi dasar kerja sama keamanan lebih lanjut antara Indonesia dan jepang.

BACA JUGA :   KKB Targetkan Bunuh 19 Orang di Ilaga Papua, TNI/Polri Siaga Patroli Kota

“Untuk mewujudkan visi Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, saya ingin meningkatkan kerja sama khusus,” kata Suga.

Sebelumnya, Suga telah mengunjungi Indonesia pada Oktober 2020. Kunjungan tersebut merupakan perjalanan luar negeri pertamanya sejak menjabat.

Saat itu, ia bersepakat dengan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan negosiasi menuju kesepakatan tersebut.

Jepang telah menandatangani kesepakatan serupa dengan Inggris, Perancis, Jerman, India, Italia, Filipina, dan Amerika Serikat. (*)

Sumber: KPS

UPDATE CORONA