Ditlantas Polda Lampung Mulai Sosialisasikan E-TLE

oleh -110.489 views

IDUL FITRI

Lampung I Realitas – Penerapan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) mulai disosialisasikan Jajaran Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Lampung dan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Bandar Lampung.

Adapun pelaksanaan uji coba tilang elektronik akan dimulai pada Kamis (4/3/2021) di sejumlah titik di Kota Bandar Lampung.

REALITAS TV

Ditlantas Polda Lampung melalui Kasubdit Penegakan Hukum (Gakkum) AKBP Benny Prasetya mengatakan, untuk saat ini pihaknya masih mensosialisasikan kepada masyarakat Bandar Lampung.

BACA JUGA :   Kejati Aceh Harus Usut Tuntas Dugaan Kajari Bener Meriah Terlibat Dalam Proyek di Bener Meriah

“Untuk jenis pelanggaran yang bisa teridentifikasi tidak menggunakan helm, sabuk pengaman, melanggar marka, lampu merah, dan berkendara menggunakan ponsel. Saat ini masih disosialisasikan, diawali di Jalan RA Kartini dan Jalan Pattimura Telukbetung,” terang Kasubdit Gakkum.

Terkait mekanisme E-TLE ini, upaya yang dilakukan agar masyarakat tahu penindakannya, jajaran Ditlantas Polda Lampung bersama Satlantas Polresta Bandar Lampung akan terus bersosialisasi di beberapa titik.

BACA JUGA :   Ketua DPRD Pesaman Barat Bantah Melakukan Perbutan Dugaan Mesum Dengan Staf

“Para pelanggar yang tertangkap kamera, akan terdeteksi di komputer. Setelah itu akan tercetak otomatis jenis pelanggarannya apa, lalu akan didapat alamat motor yang terdata, dan terintegrasi sistem E-TLE akan dikirim sesuai alamat via Kantor Pos,” jelas Kasubdit Gakkum.

BACA JUGA :   Bupati Batu Bara Lantik Anggota BPD Di 64 Desa

Selanjutnya, pemilik mendatangi Mapolresta Bandar Lampung, untuk dikonfirmasi lebih lanjut. Apabila kendaraannya dipinjam orang lain.

Nanti akan dikonfirmasi bahwa kendaraan tersebut sedang dipinjam. Setelah itu, pelanggar akan dikirimkan kode BRI Virtual Account (Briva) melalui SMS, kemudian pelanggar membayar denda tilang ke bank tersebut.

UPDATE CORONA